Yasir Alkaf

Movie – Football – Book – Daily Life

Ulang Tahun Blog yang Kedua

KALAUkemarin tanggal 6 Juni LPM PROFESI berulang tahun yang ke-17 dan si BayKun juga ultah yang ke 22 sehari sebelumnya, maka hari ini [07/06/2009] giliran blog saia yang merayakan ulang tahun keduanya. Ya tepat hari ini 2 tahun yang lalu blog Yasir Alkaf ini resmi saia registrasikan. Email verifikasi registrasi WP itu bahkan belum saia hapus sampai sekarang. Kalau manusia mempunyai Akta Kelahiran sebagai surat resmi, maka email tersebut juga saia nggap sebagai akta kelahiran blog ini juga.

Sebenarnya sebelum saia memakai WP saia sudah teregestrasi sebagai blogger di blogspot. Malah saia tercatat sebagai pengguna blogspot sejak tahun 2006. Kebetulan di bulan Juni juga saia mendaftar di blogspot itu. Hanya saja waktu saia masih bingung mau diapakan blog yang di blogspot itu, jadinya blog itu Cuma berisi satu tulisan saja dan kemudian saia tinggal begitu saja. Apalagi entah mengapa waktu saia juga kurang cocok dan kesulitan mengoperasikan dashboard blogspot. Beruntung akhirnya saia mengenal WP dan jadinya aktif ngeblog sampai sekarang.

Perjalanan saia nge-blog di WP juga tidak pendek. Pertama kali dulu saia masih saja bingung ini blog mau diapakan. Kalau ada ide ya saia buat tulisan di-publish. NAmun yang ada justru malah tidak ada ide. Akhirnya blog ini terbengkalai begitu saja kembali. Sampai akhirnya 8 Februari 2008, saia mencoba mengkonsep ulang blog ini. Semua tulisan saia hapus dan saia ganti dengan tulisan bermodel obrolan santai beberapa tokoh dan sekarang justru menyesal melakukan itu karena sai telah kehilangan tulisan-tulisan lama saia. Namun ternyata niat itu angin-anginan saja. Membuat tulisan dengan konsep seperti itu ribet dan cukup menguras pikiran. Akhirnya model tulisan seperti itu saia tinggalkan saja dan sai putuskan untuk membuat tulisan mengalir begitu saja. Tak perlu pakai konsep tertentu. Meski demikian konsep tulisan dengan gaya obrolan santai kadang tetap saia gunakan.

Titik balik saia sangat aktif ngeblog adalah setelah saia terpilih menjadi Pembantu Umum LPM PROFESI. Sejak saat itu, entah mengapa saia jadi cukup rajin menulis. Minimal seminggu sekali saia buat satu tulisan. Memang terhitung masih cukup sedikit, tapi paling tidak dengan bangga saia bisa nyusun kaleidoskop dengan beberapa backlink tulisan sendiri di akhir tahun 2008.

Mungkin itu saja sedikit nostaligianya. Sampai hari ulang tahun ke-2 blog ini dan saat tulisan ini ditulis, total sudah 82 tulisan saia buat, beserta 3 halaman, 8 kategori, 411 tags, 747 komentar [komentar terakhir tercatat sebagai komentar nomor 801, berarti ada 54 komentar terhapus gara-gara saia merekonsep blog ini] dan 255 komentar spam. Hits terakhir mencapai 32.225 hits dengan hari tersibuk pada hari Rabu 27 Mei 2009 dengan hits sebanyak 1213 klik. Page rank terakhir saia cek ada di rank 2 sedangkan ranking Alexa ada di ranking 892.542 [lumayan, sudah dibawah sejuta].

Tulisan saia yang paling sering dbaca orang adalah tulisan saia yang berjudul ‘Rahasia Sulap Limbad‘. Sampai tulisan ini dibuat, sudah ada 6691 kali tulisan Rahasia Sulap Limbad itu dibaca disertai 75 komentar. Saking seringnya tulisan itu dilihat, sampai-sampai kalau kalian googling dengan query search ‘limbad‘, maka halaman web yang tampil teratas adalah tulisan ini. Saia tidak tahu mengapa itu bisa terjadi. Mungkin karena judul tulisan itu nembak keyword-nya sangat pas. Padahal saia tahu rahasia sulap limbad saat dilindas steamroller itu dari kawan saia dan saat itu tidak ada niatan sama sekali untuk nembak-nembak keyword. Karena takut judulnya kepanjangan saja maka judul tulisan itu saia tulis cukup dengan ‘Rahasia Sulap Limbad‘.

Di urutan kedua tulisan yang sering dibaca adalah tulisan yang berjudul ‘Daftar Nama Caleg Terpilih DPR RI 2009‘. Kalau tulisan ini saia memang sengaja nembak keyword, karena ternyata banyak orang yang tersesat mencari nama caleg terpilih ke blog ini, tapi nyasarnya ke tulisan ini dan ini. Daripada sekedar menyesatkan orang, akhirnya saia putuskan untuk membuat tulisan tetang nama-nama caleg itu dengan keyword yang sangat explicit itu. Dan hasilnya tulisan tersebut berhasil naik ke urutan kedua yang paling dibaca. Tapi dalam tulisan itu saia hanya menulis caleg terpilih di tiga daerah saja. Daerah Pemilihan yang lain saia rujukkan saja ke Media Center KPU. Dan ternyata Media Center KPU itu belum tersosialisasi dengan baik oleh KPU. Dengan tulisan itu, hitung-hitung saia ikut membantu KPU walaupun tidak dibayar juga saia oleh KPU.

Selain itu ada satu lagi tulisan iseng saia yang ternyata mengantarkan blog ini duduk di BOTD [blog of the day] wordpress global. Tulisan ‘Hasil Quick Count Pemilu 2009‘ saia berhasil duduk di urutan 53 botd global edisi 12 April 2009. Waktu itu melihat tv0ne begitu heboh menyiarkan quickcount pemilu, saia jadi ternspirasi mendokumentasikannya di blog. Toh, waktu itu saia di rumah juga sedang tidak ada kegiatan. Paling sesekali nengok ke TPS tempat saia nyontreng untuk mengetahui hasil perhitungan saja. Namun ternyata tulisan itu berhasil duduk di botd global. Ya syukurlah.

Sampai saat ini saia masih sangat enjoy nge-blog. Berkat nge-blog saia dapat tiga kawan baru. Ada satu rekan blogger dari Makassar yang meskipun tidak pernah bertemu kadang ngobrol-ngobrol lewat YM. Lumayan bisa berbagi informasi tentang blogging dengan dia. Ada lagi orang Indonesia yang kebetulan sedang bekerja di Singapura yang sampai sekarang masih korespondensi lewat email. Juga satu lagi ada anak Jakarta asal Padang yang sebelumnya hanya berkorespondensi soal politik dengan saia lewat email namun sekarang sudah berganti media lewat fesbuk. Mendapat teman baru lewat blog sungguh tidak pernah saia duga sebelumnya.

Satu hal juga yang tidak pernah saia duga juga bahwa salah satu coretan saia di blog ini ternyata juga dirujuk salah satu artikel Suara Merdeka. Sebuah kebanggaan tersendiri bagi saia.

Akhirnya di ulang tahun blog yang kedua ini semoga saia masih tetap bersemangat ngeblog. Never ending blogging…

Iklan

4 responses to “Ulang Tahun Blog yang Kedua

  1. bay-kun Juni 7, 2009 pukul 6:32 pm

    ternyata mulai jadi blogger aktif semenjak jadi pembantu,
    *) waduw, ada namaku lagi di situ….

  2. Pingback: Ulang Tahun Blog yang Kedua « Yasir Alkaf | Bisnis Online

  3. Yasir Alkaf Juni 7, 2009 pukul 8:26 pm

    nebar trackback yok, jadi-nya bikin tulisan disahakan bikin tulisan yg nge-link ke mana2
    ^_^

  4. SufiMuda Juni 8, 2009 pukul 6:47 am

    Selamat ya mas, teruslah berkarya.
    Saya pernah baca kalau para bloger Indonesia mengalami masa puncak di tahun kedua dan mengalami titik jenuh di tahun ke 3.
    Mudah2an mas yasir gak jenuh he he he
    Sufi Muda saya buat tanggal 9 April 2008, ultahnya dah lewat ya 🙂 tapi kalau ada istilah ulbu (Ulang Bulan) maka besok blog saya masuk usia ke-14 🙂

    Selamat dan sukses selalu, semoga Allah SWT selalu melimpahkan rahmat dan karunia-Nya kepada kita semua, amien

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: