Yasir Alkaf

Movie – Football – Book – Daily Life

Komentar atas Caleg Artis DPR RI Terpilih

Meskipun topic tentang capres dan cawapres saat ini sedang hangat-hangatnya, namun tak ada salahnya sejenak kita melirik kembali tentang Pemilihan Legislatif juga. Kemarin sempat timbul kontroversi akan banyaknya caleg artis yang mendaftar ke senayan. Total ada 61 artis yang mencoba peruntungan menjadi anggota dewan. Partai Amanat Nasional tercatat sebagai partai yang paling banyak menempatkan caleg artis sehingga ada semacam plesetan kepanjangan PAN adalah Partai Artis Nasional. Kekhawatiran yang ada dengan banyaknya caleg artis adalah menurunnya kualitas anggota DPR karena biar bagaimanapun artis minim pengetahuan politik.

Berdasarkan hasil penghitungan KPU ternyata dari 61 caleg artis tersebut hanya 16 yang berhasil melenggang ke senayan. Sebelumnya buat yang penasaran siapa saja caleg artis DPR RI kebetulan saia ada datanya. Data ini diperoleh dari rilis DCS KPU yang kemudian dipilah mana yang artis mana yang bukan dan terpublish di blog ini. Artis yang dimaksud di sini adalah artis sinetron ataupun penyanyi yang biasa atau pernah popular dilayar kaca, bukan artis-artis semacam satrawan, pelukis atau sejenisnya. Selain itu caleg yang dimaksud disini adalah caleg DPR pusat, bukan DPRD. Kalau DPRD juga dihitung bukan tidak mungkin jumlah caleg artis ini mencapai lebih dari 61 orang. Ke-61 caleg artis beserta parpol pengusungnya adalah:

Partai Nama Caleg Jumlah
PAN Eko Patrio, Ikang Fauzi, Derry Drajat, Andrian Maulana, H. Mandra Y. S., Tito Sumarsono, Henidar Amru, Irene Librawati, Cahyono, Maylaffazza, Ita Mustafa, Mara Karma, Raslina Rasidin, Marini K.S, Poppy Maretha, Eka Sapta, Wulan Guritno, Primus Yustisio, 18
Hanura Anwar Fuady, Gusti Randa SH, Ronny Waluya, Mutiara Sani, Wieke Widowati, 5
Demokrat Anngelina Sondakh, Venna Melinda, Tere, Jane Shalimar, Adji Massaid, Nurul Komar, Ruhut Sitompul SH, Inggrid Kansil, 8
PPP Denada, Marissa Haque, Evi Tamala, Emilia Contessa, Okky Asokawati, Rahman Yacob, Ratih Sanggarwati, 7
Patriot Dwi Yan, Rico Tampatty, 2
Golkar Bangkit Sanjaya, Jeremy Thomas, Nurul Arifin, Tantowi Yahya, Tetty Kadi, 5
PMB Imam G Manik [el Malik], 1
PDK Andre Taulany, Erna Santoso, 2
Gerindra Ana Tairas, Jamal Mirdad, Rachel Maryam, Steve Imanuel, 4
Republikan Hendra Cipta, 1
PDIP Edo Kondologit, Dedi Gumelar, Rieke Diah Pitaloka, Sony Tulung, 4
PDS Ricky Johanes, Tamara Geraldine, 2
PKB Tengku Firmansyah, 1
PPPI Leily Sagita, 1

Dari ke-61 caleg artis itu, hanya 16 orang yang berhasil melenggang ke senayan. PAN sebagai partai penyumbang caleg artis terbanyak hanya bisa meloloskan dua calonnya saja Eko Patrio dan Primus Yustisio. Partai Demokrat yang boleh dibilang paling efektif menempatkan caleg artisnya. Dari 8 caleg artis, 7 diantaranya berhasil menjadi anggota dewan. Hanya Jane Shalimar yang gagal melennggang. Caleg yang lainnya berhasil dengan gemilang. Selengkapnya ke-16 caleg artis yang lolos menjadi anggota DPR RI 2009-2014 seperti yang dilansir Okezone.com adalah sebagai berikut:

  • Tere alias Theresia EE Pardede (Demokrat, Jabar II)
  • Ingrid Maria Palupi Kansil (Demokrat, Jabar IV)
  • CP Samiadji “Adji” Massaid (Demokrat, Jatim II)
  • Venna Melinda (Demokrat, Jatim VI)
  • Komar alias Nurul Qomar (Demokrat, Jabar VIII)
  • Angelina Sondakh (Demokrat, Jateng VI)
  • Ruhut Sitompul (Demokrat, Sumut II)
  • Tantowi Yahya (Golkar, Sumsel II)
  • Nurul Arifin (Golkar, Jabar VII)
  • Tetty Kadi Bawono (Golkar, Jabar VIII)
  • Rieke Diah Pitaloka (PDI-P, Jabar II)
  • Miing Bagito alias Tubagus Dedi Suwendi Gumelar (PDI-P, Banten I)
  • Eko “Patrio” Hendro Purnomo (PAN, Jatim VIII)
  • Primus Yustisio (PAN, Jabar IX)
  • Jamal Mirdad (Partai Gerindra, Dapil Jateng I)
  • Rachel Mariam Sayidina (Gerindra, Jabar II).

Dari ke -16 anggota legislative artis [sudah bukan caleg artis lagi] hanya tiga orang yang sebelumnya sudah duduk di DPR yaitu Adjie Massaid, Angelina Sondakh dan Komar, yang lainnya adalah para pendatang baru. Dari kesekian pendatang baru tersebut beberapa diantaranya memang sudah aktif di partai seperti Ruhut Sitompul, Tantowi Yahya, Nurul Arifin dan Rieke Diah Pitaloka. Artis yang sebelumnya sudah duduk di legislative ataupun sudah aktif di partai mungkin tidak akan kagok saat menjadi anggota dewan nanti. Namun artis yang lain?

Rachel Maryam misalnya, dia bahkan tidak tahu apa beda anggota DPR dengan anggota DPD walaupun dia berkali-kali menyebut kata-kata legislasi. Saia jadi curiga arti legislasi pun jangan-jangan dia tidak tahu. Hal itu terjadi saat acara debat caleg di salah satu TV. Beruntung saat itu ia dibantu kompetitornya, Mutia Hafidz dari Golkar yang akhirnya menjawab pertanyaan itu.

Ada juga Eko Patrio yang entah apa ambisinya menjadi anggota dewan meskipun konon ia sarjana. Masalahnya saat ini ia masih tenar dan secara financial sudah lebih dari cukup. Kalau diperhatikan artis-artis yan jadi caleg adalah artis yang bintangnya sudah redup. Si Eko ini lain karena bintangnya masih bersinar. Motivasi jadi caleg pun tidak jelas. Saat menjadi bintang tamu acara Republik BBM pun tampak lebih sering bercanda daripada seriusnya. Padahal menjadi anggota DPR bukan bahan bercandaan.

Kalau dipetakan menjadi antara yang berpengalaman di politik dan tidak maka artis yang berpengalaman di politik adalah Adjie Massaid, Komar, Angelina Sondakh, Ruhut Sitompul, Tantowi Yahya, Nurul Arifin, Rieke Diah Pitaloka dan Miing. Sisanya yaitu Tere, Inggrid Kansil, Venna Melinda, Tetty Kadi, Eko Patrio, Primus, Jamal Mirdad dan Rachel Maryam boleh dibilang kurang berpengalaman di politik. Kebetulan perbandingan antara yang berpengalaman dan kurang berpengalaman seimbang.

Satu hal yang menjadi keprihatan pengamat politik J. Kristiadi seperti yang dilansir dari Okezone.com adalah artis-artis tersebut dipastikan tidak akan membawa perubahan di DPR. Faktanya artis-artis yang di periode kemarin menjadi anggota DPR hanyalah sebagai pelengkap anggota DPR dan hampir tidak mendapat peran yang strategis. 16 orang dari total 560 anggota DPR sebenarnya sedikit. Kalau dipersentasekan paling hanya sekitar 2,8%, namun karena pangkat keartisan mereka maka perhatian public pasti akan ke meraka. Kita tunggu saja apakah mereka bisa membawa prubahan di DPR atau di Indonesia pada umumnya.

———Update 27 Mei 2009———-

Berdasarkan laporan dari detik.com, ternyata ada tambahan dua nama artis yang bakal mengisi kursi dewan di DPR RI. Total berarti ada 18 artis di senayan. Tambahan 2 artis tersebut adalah:

  • Okky Asokawati (PPP, DKI II)
  • Guruh Soekarnoputra (PDIP, Jatim I) -> saia pribadi sebenarnya tidak menganggap Guruh sebagai artis berdasarkan definisi artis di awal tulisan saia. Tapi karena media-media menyebut dia sebagai artis jadi saia ikut saja…

21 responses to “Komentar atas Caleg Artis DPR RI Terpilih

  1. Pulsa Termurah Mei 17, 2009 pukul 6:46 pm

    Mudah2an mereka jangan cuma jadi pengembira aja di DPR. Ayo kita tunggu apakah mereka berkualitas nggak dibidang politik.

  2. gurindang Mei 18, 2009 pukul 4:05 am

    yaaa,,aq ga terlalu berharap akan adanya perubahan sih…

  3. gurindang Mei 18, 2009 pukul 4:06 am

    yaaa,,aq ga terlalu berharap akan adanya perubahan dr mereka sih…
    tp sukur deh kalo memang ada…

  4. Yasir Alkaf Mei 18, 2009 pukul 11:30 am

    eh ada Gurindang, lama ga ketemu
    ^_^

  5. diyan Mei 19, 2009 pukul 3:53 am

    http://www.satupesan.com
    Untuk dapat link popularity agar blog anda terkenal, web masih dalam pengembangan untuk sementara hanya bisa digunakan menu lainnya seperti nonton tv and main game and tutorial

  6. arifin Mei 20, 2009 pukul 1:47 pm

    Itulah ongkos demokrasi – popularitas kadang lebih penting daripada kompetensi.

  7. Yasir Alkaf Mei 20, 2009 pukul 2:14 pm

    sip, saia suka dengan komentar mas Arifin

  8. bang fiko Mei 20, 2009 pukul 6:17 pm

    Jeremy thomas ikut dari Riau, tapi dia jarang di riau. Gimana mau menang.. Hehehehe

  9. Dije the 7th Mei 22, 2009 pukul 6:12 pm

    KOk PKS ga ada artisnya sih???

    Salam kenal Mas. Saya blogger baru.
    mampir yuk, dimari: http://notanote.wordpress.com/

  10. amar Mei 25, 2009 pukul 11:27 am

    yang penting berihtiar semaksimal mungkin u/ menyampaikan aspirasi rakyat di dpr ri…

  11. Bank Soal Mei 25, 2009 pukul 9:17 pm

    ya minimal untuk mencairkan suasana sidang yang biasanya tegang dan panas, nah kalau artis masuk kan bisa jadi ketawa-ketawa, apalagi kalau ada eko dijamin sidangnya ketawa mulu…sehingga ngak jadi-jadi tuh sidang.

  12. Pingback: Daftar Nama Caleg Terpilih DPR RI 2009-2014 « Yasir Alkaf

  13. hermione Mei 26, 2009 pukul 6:42 am

    DPR periode lalu, apa kinerja Angelina Sondakh & Adji Massaid ?

    Tidak pernah terdengar tuh. Paling2 hanya gosip2 soal kisah asmara mereka di Infotainment kan?

    Infotainment tidak membuat rakyat miskin kenyang !!!

  14. u_r Mei 26, 2009 pukul 5:13 pm

    yah,,kalo menurutku sih gpp…

    kalo dipikir2 bukannya ngartis lbh banyak duitnya ya dibanding nyaleg gitu??

    eko mungkin skali ngeMC bisa berjuta2 tu,,

    gag tau jg si artis lainnya yg dah gak terkenal???

    btw kok ada namaku ya di list i2??

    oh,aq artis dunk??

  15. Pingback: Tulisan Saia Menjadi Rujukan Artikel Suara Merdeka « Yasir Alkaf

  16. Dino Sg Mei 29, 2009 pukul 7:13 am

    Menurut gue sih boleh2 saja para artis jadi anggota DPR
    karena benar2 yang milih rakyat lho. Gue juga mengharap
    next time negeri ini yang jadi presidennya dari kalangan
    artis. Sebab artis tidak kalah ngomongnya bila dibandingkan dengan para politikus yang hanya bisa ngomong tapi kerjanya zero.Tapi kalau artis ngomong hasilnya baik, coba saja lihat film2-nya. Bagus2 kan ?
    Yang penting kalau sudah di DPR jaga image, bravo.
    Bela rakyat yang memilihmu.

  17. eko Mei 31, 2009 pukul 2:08 pm

    eko patrio sama -terutama- venna melinda apa sih isi otaknya? caleg yg lain lumayanlah..pikirnya gampang apa jadi wakil rakyat?
    demokrat pun ntah gimana rekrutmennya, masa orang kayak vena melinda bisa jadi caleg. gitu juga PAN.

  18. Pingback: Ulang Tahun Blog yang Kedua « Yasir Alkaf

  19. Bobby Arifin Juli 25, 2009 pukul 1:37 am

    Dari sekian nama artis yang baru pertama kali ini menjadi anggota DPR, saya terkesan dengan Okky Asokawati.Karena Okky bukan hanya bermodalkan nama besar sebagai mantan peragawati paling laris,tapi jg kecerdasan dan kemampuan berorganisasi.Kita bisa berharap banyak padanya.

  20. mega Februari 27, 2010 pukul 7:45 am

    artis .. kyk tai semua

  21. Pingback: 17 agustus bintangnya apaCamfrog | Camfrog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: