Yasir Alkaf

Movie – Football – Book – Daily Life

Berbagi Cerita Menjalani Tes MMPI-2

BEBERAPA hari yang lalu di RS Sardjito saya berkesempatan mencoba menjalani tes MMPI-2. Niatannya sih cuma untuk bikin surat keterangan sehat. Ditanyai sama suster yang memeriksa sama sekalian Tes MMPI-2 apa ga. Karena saya tidak tahu apa itu tes MMPI dan susternya juga agak kurang jelas menjelaskan apa itu tes MMPI-2 *padahal saya sudah menunjukkan kuitansi pembayaran* ya sudah saya iyakan saja. Apa itu tes MMPI-2? Kata wikileakspedia MMPI adalah kepanjangan dari The Minnesota Multiphasic Personality Inventory. Apa dan bagaimana prosedur MMPI-2 silahkan baca sendiri di sana.

Agak ribet ternyata tes ini. Kita harus mengerjakan 500 lebih, hampir 600, soal singkat dengan jawaban iya-tidak. Di tes ini konsistensi kita juga agak diuji karena ada banyak soal sama yang diulang-ulang atau dirubah dari kalimat aktif jadi kalimat pasif. Alokasi waktu dua jam tapi saya mengerjakan sejam saja. Pikir saya ngapain juga lama-lama ngerjain tes ginian, toh tidak menentukan apa-apa.

Pas hasil tes-nya keluar besok hari, ternyata hasilnya mengejutkan. Ada 4 elemen yang dinilai berdasarkan tes ini yaitu Sikap Terhadap Tes, Taraf Kapasitas Mental, Profil Klinis dan Profil Kepribadian Dasar. Yang paling mengejutkan ada di Sikap Terhadap Tes dan Taraf Kapasitas Mental.

Di laporan hasil tes pada point Sikap Terhadap Tes bunyinya begini: ‘Responden mengisi tes dengan lengkap, tidak konsisten dalam merespon materi tes, melaporkan apa-adanya dan tidak berusaha menunjukkan keseriusan dalam tes. Responden tidak berlebihan dalam menganggapi pernyataan-pernyataan dalam tes.

Hahaha, kaget pas baca point ini. Dokternya tau aja saya tidak konsisten merespon tes dan tidak berusaha menunjukkan keseriusan dalam tes. Ya habisnya gila aja kita disuruh mengerjakan hamper 600 soal dalam batas waktu tertentu. Ditambah lagi buku soalnya kecil dan lembar jawaban juga cuma selembar dalam tulisan yang juga kecil-kecil. Kalau serius malah jadi pusing dan pening. KAlau tidak konsisten yaw ajar lah ada 500+ soal diulang-ulang kan ya bisa lupa tadi jawab apa. Hahaha..

Kemudian di Taraf Kapasitas Mental, berikut hasil tes saya:

  • Potensi Kinerja                 : 0           [Rentang skor : 0=kurang, 1=sedang, 2=besar]
  • Kemampuan Adaptasi   : 1,67     [Rentang skor : 0=kurang, 1=sedang, 2=besar]
  • Kendala Psikologis           : 1,33     [Rentang skor : 0=berat, 1=sedang, 2=ringan]
  • Perilaku Beresiko             : 1,8        [Rentang skor : 0=besar, 1=sedang, 2=kecil]
  • Integritas Moral                                : 2           [Rentang skor : 0=rendah, 1=sedang, 2=tinggi]

See? Pontensi kinerja saya ternyata 0!! Hahahaha… Mboh itu pak Dokter bagaimana bisa ngasih skor nol begitu. Masa ya saya tidak punya potensi untuk bekerja sama sekali. Sejelek-jeleknya ya nol koma-lah, lha ini nol bulat jeh. Hahaha. Malah jadi ngakak sendiri. Tapi sebaliknya integritas moral saya ternyata berada di level tertinggi. Nilainya 2. Ini juga bikin ngakak. Berasa jadi nabi aja nilai moralnya sempurna. Hahaha..

Item-item di poin Taraf Kapasitas Mental yang lain silahkan ambil kesimpulan sendiri. Dan saya akui memang itu saya banget. =P

Ada dua poin penilaian yang lain sih yaitu Profil Klinis dan Profil Kepribadian Dasar tapi sengaja tidak saya publish. Bahaya nanti kepribadian saya malah terbuka lebar-lebar. Buat kawan-kawan sekalian yang penasaran mengethui kejiwaan anda dengan diperiksa oleh Dokter professional ikuti saja tes MMPI-2 di RS di kota anda. Biayanya relatif. Di RS Sardjito Yogyakarta untuk pemerikasaan ini saya harus membayar Rp. 61K. DI RS lain kurang paham.

Berkas hasil MMPI

15 responses to “Berbagi Cerita Menjalani Tes MMPI-2

  1. Syamsul Mei 18, 2011 pukul 1:45 pm

    wah wah saya juga bentar lagi mau tes MMPI di UWK surabaya buat tes masuk…
    makasih banyak buat infonya..minimal tahulah MMPI tu buat apa..

  2. juuzsemangka Agustus 10, 2011 pukul 9:51 pm

    besok saya ikut test mmpi di jl supratman no 3 bandung. btw nais inpoh gan😀

  3. Nahrul Februari 13, 2012 pukul 9:01 pm

    Mksih atas infonya, sy jg maw tes mmpi nanti hr kamis

  4. puspita Maret 21, 2012 pukul 12:12 pm

    Senin kemarin (19/03/2012) saya juga baru ikut test yang sama di sardjito dan tarifnya udah Rp 161.500,-. Emang parah buanyak banget soalnya,teman sy sampe marah2 nyuruh yang lain keluar gr2 pada rame.. Sama pak validitasnya 2,tapi nilai rata2 nya agak mendingan lah…hehe. Yang ga lolos sekali juga banyak loh….

  5. adi kurniawan Juli 11, 2012 pukul 7:50 pm

    anda pernah test, boleh tahu hasil profil klinisnya apa ya, sama saran dan kesimpulannya apa soalnya ada teman saya yang test juga yang hasilnya mirip dengan anda , tolong jawabannya di e-mail saja, terima kasih atas bantuannya untuk memberitahu hasilnya

  6. adi kurniawan Juli 11, 2012 pukul 7:51 pm

    saya pikir hasilnya tidak akurat kali ya? apa benar begitu

  7. Nurhasanah Agustus 9, 2012 pukul 1:28 pm

    saya akan segera mingikuti tes ini di perguruan tinggi, untuk seleksi fakultas kedokteran. hubungan eratnya dilihat dr segi apa yah?

  8. Green Field Maret 2, 2013 pukul 7:54 pm

    sy seorang wirausahaa di bandung, sy br td siang ikut mmpi-2. di rs imanuel bandung biaya 240rb, krn riwayat sy di smp sering berantem. jd dr underwriting suatu asuransi jiwa hrs konsul k dokter spkj. sy sangat setuju, kalau orang gila ga akan selesaikan 567 soal spt itu, pasti sdh dicoret2 bahkan dirobek2 tuh soal. walaupun buat sy sagat menggelikan dan jg sangat meragukan keakuratan hasilnya, yg penting jalanin hidup ini dg tekun dan kerja keras pasti sukses. teman2 sd, smp bahkan yg kuliah perdikat 10 besar bahkan cumlaude hampir semuanya kerja sama orang lain bahkan ada yg nganggur jg. Mereka yg lulus mmpi-2 dg nilai baguspun blm tentu bisa sukses dalam hidup. tetap berdoa dan takwa aja sm TUHAN Bro!!!!!!

  9. Selvi November 3, 2013 pukul 9:28 am

    tanya dong, kalo mau tes mmpi2 di surabaya alamatnya dimana yah??

  10. ando Maret 5, 2014 pukul 10:34 pm

    saya test MPPI di rumah sakit jiwa grogol jakarta biayanya test 200 ribu ditambah biaya konsultasi psikiater 25 ribu. intinya jawab pertanyaan MPPI harus sejujur mungkin supaya kita tahu profil kepribadian kita aslinya.

  11. Melly Maret 7, 2014 pukul 11:45 am

    Astagfirulah,,saya Kaget,barusan saya tes MMPI Di RSJ padang,, BUsyet puyengnya Ampyun bget deh,,Saya Gk nyangka Kl Alat Tesnya itu,, tpi tetap optimis saja Deh,,, mga hasilnya yg baik2 saja,,

  12. marto Desember 12, 2014 pukul 12:06 am

    betul itu..hasilnya memang ngawur..pertanyaan cuma diulang ulang saja tapi hasilnya beda..masak saya dikata cenderung gila..

  13. tuti Maret 4, 2015 pukul 5:00 pm

    Hasil tes mmpi2 saya yang pertama hasil nya invalid,akhir nya mengulang, tes kedua bayangin aja ribet nya seperti apa,,tambah puyeng kepala lihat soal nya aja seperti gak maw ikut tes lagi rasa nya,hasil tes yang kedua sama juga hasil nya invalid waduh jadi tambah pusing dan bertanya tanya kenapa hasil nya bisa sampai seperti ini? Kurang nya dimana tau..maklum deh blm punya pengalaman tes mmpi seperti apa dan sempat kaget pertma kali tes itu,,tp ya terpaksa deh pasrah aja.

  14. rini Juni 20, 2016 pukul 2:09 pm

    Sy juga mau test mmpi nih….nanti apa hasilnya yah? mdh2an hasilnya bagus…ngmg2 kuncinya apa yah dlm menjawab soal2 yg dikasih…soalnya komentarnya rata2 bikin puyeng…hehehe penasaran juga…

  15. annisa Agustus 16, 2016 pukul 3:19 pm

    terimkasih ceritanya sangat membantu untuk menggambarkan tes MMPI itu spt apa

Tinggalkan Balasan

