Yasir Alkaf

Movie – Football – Book – Daily Life

Tulisan Saia Menjadi Rujukan Artikel Suara Merdeka

BANGGA, bahagia dan senang. Ya itu yang sedang saia rasakan sekarang. Suara Merdeka edisi Selasa 26 Mei 2009 dalam salah satu artikelnya mengambil tulisan saia sebagai bahan tulisannya. Memang tidak disebutkan di situ, tapi saia yang menulis sendiri tulisan-tulisan di blog ini tentu sangat paham kalau ada tulisan saia di tempat lain. Pengantar artikel ‘Selebritis ke Senayan, Angelina Sondakh Dekat dengan Sarwo Edhie‘ di Suara Merdeka saia berani katakan mengambil dari tulisan saia yang ‘Komentar atas Caleg Artis DPR RI Terpilih‘. Saia menulis tulisan itu tanggal 17 Mei 2009, sementara Suara Merdeka menebitkan artikelnya 26 Mei 2009.

Langsung saja mari kita bandingkan beberapa kalimat di artikel itu dengan tulisan saia:

Saia:

Dari ke -16 anggota legislative artis [sudah bukan caleg artis lagi] hanya tiga orang yang sebelumnya sudah duduk di DPR yaitu Adjie Massaid, Angelina Sondakh dan Komar, yang lainnya adalah para pendatang baru. Dari kesekian pendatang baru tersebut beberapa diantaranya memang sudah aktif di partai seperti Ruhut Sitompul, Tantowi Yahya, Nurul Arifin dan Rieke Diah Pitaloka. Artis yang sebelumnya sudah duduk di legislative ataupun sudah aktif di partai mungkin tidak akan kagok saat menjadi anggota dewan nanti.

Suara Merdeka:

Dari kesekian pendatang baru, beberapa nama sudah aktif di partai seperti Ruhut Sitompul, Tantowi Yahya, Nurul Arifin dan Rieke Diah Pitaloka. Mereka telah memiliki pengalaman politik dan tidak akan kagok saat menjadi anggota dewan.
Namun artis yang lain?

Seperti yang tertulis di atas, inti kalimat yang dicetak tebal adalah sama. Urutan nama artis yang sudah aktif di partai pun sama persis. Bahkan ada kata tidak baku yang saia tulis di tulisan saia juga dimasukkan ke artkel Suara Merdeka itu, yaitu kata ‘kagok’. Ini yang membuat saia yakin kalau pengantar artikel Suara Merdeka itu diambil dari tulisan saia.

Saia:

Rachel Maryam misalnya, dia bahkan tidak tahu apa beda anggota DPR dengan anggota DPD walaupun dia berkali-kali menyebut kata-kata legislasi. Saia jadi curiga arti legislasi pun jangan-jangan dia tidak tahu. Hal itu terjadi saat acara debat caleg di salah satu TV…..

Suara Merdeka:

Bagaimana dengan yang lain? Rachel Maryam misalnya, semula tidak paham betul beda anggota DPR dengan anggota DPD.

Perbedaannya adalah saia menyebutkan alasan kenapa Rachel Maryam saia katakan tidak paham apa beda DPR dengan DPD sementara artikel Suara Merdeka tidak.

Saia

Ada juga Eko Patrio yang entah apa ambisinya menjadi anggota dewan meskipun konon ia sarjana. Masalahnya…. Saat menjadi bintang tamu acara Republik BBM pun tampak lebih sering bercanda daripada seriusnya. Padahal menjadi anggota DPR bukan bahan bercandaan

Suara Merdeka

Eko Patrio pun saat menjadi bintang tamu acara Republik BBM tampak lebih sering bercanda daripada seriusnya. Padahal menjadi anggota DPR bukan bahan bercandaan.

Dari perbandngan di atas terlihat kalimat pertama agak berbeda tapi intinya sama sedangkan kalimat kedua sama persis

Saia

Satu hal yang menjadi keprihatan pengamat politik J. Kristiadi seperti yang dilansir dari Okezone.com adalah artis-artis tersebut dipastikan tidak akan membawa perubahan di DPR. Faktanya artis-artis yang di periode kemarin menjadi anggota DPR hanyalah sebagai pelengkap anggota DPR dan hampir tidak mendapat peran yang strategis.

SM

Pengamat politik J Kristiadi menilai kehadiran artis-artis itu tidak akan membawa perubahan berarti di DPR. Faktanya artis-artis periode sebelumnya hanya sebagai pelengkap anggota DPR dan hampir tidak mendapat peran strategis.

Seperti yang lain, kalimat yang dicetak tebal mempunyai inti yang sama.

Beberapa bukti di atas adalah bukti secara isi tulisan. Beberapa detail kecil kalimat ada yng dibolak-balik urutannya. Namun ada satu bukti penting yang membuat saia sangat yakin kalau artikel Suara Merdeka itu mengambil pengantar dari tulisan saia. Suara Merdeka salah menyebutkan kalau ada 15 caleg artis yang lolos padahal di table yang mereka buat ada 16 orang caleg artis. Saia akui kalau saia salah menuliskan jumlah caleg artis yang lolos DPR di tulisan saia. Saia menulis ada 15 orang sesuai data Okezone padahal di table yang saia buat ada 16 orang nama. Hal itu terjadi karena nama Jamal Mirdad di Okezone tidak termasuk nama caleg artis yang lolos sementara di situs berita yang lain nama Jamal Mirdad sudah lolos. Akhirnya saia tulisakan 16 orang tersebut tapi dalam beberapa kalimat masih tertulis 15 orang saja. Yang jelas di tulisan saia kesalahan itu segera saia perbaiki. Nah Suara Merdeka luput menghitung jumlah caleg artisnya. Mereka Cuma terima saja menulis 15 orang padahal di table mereka, sama seperti di table saia terdapat 16 orang caleg artis. Entah apa yang dilakukan editor Suara Merdeka koq detail seperti itu bsa terlewat. Buktinya bisa dilihat di gambar berikut:

Sebagai bukan siapa-siapa saia merasa bangga tulisan saia digunakan sebagai rujukan harian yang cukup popular di Jawa Tengah. Memang saia akui tulisan saia yang itu selama satu minggu terakhir lagi banyak di baca oleh orang. Namun sampai dijadikan sebagai sebuah rujukan tulisan di Koran sungguh tidak saia duga. Terima kasih atas kepercayaannya menjadikan tulisan blogger sebagai rujukan karena terkadang blogger masih dipandang sebelah mata.

4 responses to “Tulisan Saia Menjadi Rujukan Artikel Suara Merdeka

  1. Ilyasman Mei 27, 2009 pukul 7:26 am

    weh,selamat boz,klaupun ga dpt royalti tapi buat langkah awal dah bagus banget..
    Salut…

  2. elfaruq Mei 30, 2009 pukul 1:08 am

    yah, gak asik ah, main copas gitu… gak lucu bgt “SM” itu… ck ck ck…

  3. Pingback: Ulang Tahun Blog yang Kedua « Yasir Alkaf

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: