Yasir Alkaf

Movie – Football – Book – Daily Life

Eksklusif tvOne, Ekslusif RCTI

SATU yang saya tidak suka dari berita televisi ketika ada berita heboh semacam Bom Marriot dan Ritz Carlton ini adalah klaim eksklusif atas video-video yang mereka dapatkan. Coba saja anda saksikan berita-berita di televisi baik di RCTI, tvOne ataupun televisi lainnya, pasti mereka mengklaim video tentang bom itu adalah eksklusif di televisi itu. Kalau video yang mereka dapatkan adalah video tangkapan kontributor mereka mungkin tidak menjadi masalah, tapi ini video tangkapan CCTV hotel. Manabisa bisa video CCTV diakui ekslusif seperti. Ketika dikatakan ekslusif itu berarti kan semi menyatakan kepemilikan video itu oleh televisi. Padahal video itu bukan milik tv manapun. Video itu tetap milik pihak hotel. Dan nyatanya ekslusif itu hanya bertahan beberapa jam saja karena semua televisi pada akhirnya menayangkan video itu.

Alasan paling logis dari klaim ekslusif itu mungkin karena perimbangan bisnis. Dengan adanya klaim eksklusif itu pemirsa digiring seolah video itu hanya ada di tv mereka dan nantinya mereka akan mengikuti berita hanya di televisi itu. Dengan banyaknya pemirsa yang menyaksikan maka pendapatan dari iklan juga akan semakin banyak. Kalau benar-benar eksklusif sih mungkin tidak masalah. Tapi kalau eksklusif itu hanya klaim semata dari video yang bukan milik mereka, terbukti setelahnya semua televisi menyiarkan video itu, tentu ini sudah bisa dikatakan pembohongan kepada pemirsa.

Harapan saya hanya kasih tanda eksklusif pada video yang murni hasil tangkapan kontributor televisi tersebut. Jangan mengklaim eksklusif dari video milik pihak lain, sebagai contoh video CCTV hotel Marriot dan Ritz Carlton,  yang berhak juga diakses dan disiarkan oleh televisi lain

One response to “Eksklusif tvOne, Ekslusif RCTI

  1. ~noe~ Juli 21, 2009 pukul 1:38 pm

    begitulah jika kita terjun dan terlibat langsung di dunia bisnis. apalagi bisnis informasi yang kecepatan dan keakuratan datanya menjadi modal utama.
    eksklusif atau tidak, toh kita tetap leyeh-leyeh sambil minum kopi menikmati tayangan tsb dan manggut2 dengan info baru yang disampaikan media tv🙂
    salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: