Yasir Alkaf

Movie – Football – Book – Daily Life

Rating di WordPress

BARANGKALI WordPress terinspirasi dari note Facebook yang memungkinkan pengguna memberikan penilaian dengan memberikan ‘Like’ pada artikel yang ia suka, WordPress juga membuat hal yang serupa. Sekarang tiap artikel di WordPress bisa dinilai oleh para pembacanya dengan nilai mulai yang terendah satu bintang, sampai yang tertinggi lima bintang. Saya sendiri baru menyadari adanya fasilitas ini semalam saat blogging ke beberapa blog dan menjumpai beberapa tulisan ada gambar lima bintang dibawah artikelnya. Bodohnya saya ternyata fasilitas ini sudah lama diumumkan di Berita WordPress dan tercantum di Dashboard WordPress. Kemarin-kemarin saya idak terlalu memperhaikan informasi ini :P.

Karena menurut saya fasilitas ini cukup menarik jadi langsung saya aktifkan fasilitas ini. Caranya cukup mudah seperti fasilitas-fasillitas WordPress yang lain. Pertama anda cari menu ‘Ratings’ yang terletak dibawah menu ‘Komentar’. Setelah ketemu silahkan langsung diklik saja link setting-nya.

Setelah Setting di klik selanjutnya akan terpampang tiga buah tab yaitu Posts, Pages dan Comments. Rating ini bisa diaktifkan di ketiganya. Misalkan anda akan mengaktifkan rating hanya di artikel yang anda tulis maka centang contreng ‘Enable for blog posts’ di tab ‘Posts’ . Kalau anda ingin menempatkan rating itu di akhir tulisan maka anda pilih Below di dropdown menu dan kalau ingin rating itu di awal telisan pilih Above. Setelah yakin maka klik tombol Save Changes.

Tampilan di artikel kita setelah fasilitas iu diaktifkan adalah sebagai berikut:

Cukup arahkan mouse ke bintang yang ada disitu dan anda bisa memberikan rating dari tulisan itu. Bukan cuma segitu fasilitas rating di WordPress. Masih ada beberapa tambahan menarik di fasilitas ini. Misalkan seperti yang terlihat di atas, ada tulisan Good disamping tanda bintang. Itu menunjukkan tulisan yang akan keluar ketika Mouse diarahkan ke bintang ke empat. Anda bisa mengganti keterangan itu dengan kata-kata anda sendiri. Caranya juga cukup simple. Pertama klik link Advance Setting dibawah Save Changes setelah fasilitas ini diaktifkan. Nanti akan keluar beberapa pilihan kustomisasi seperti gambar dibawah ini:

Perhatikan kotak berjudul ‘Customize Labels’ di sebelah kanan, disitulah kata-kata itu anda ganti dengan kata yang anda sukai saat pembaca akan memberikan penilaian dari tulisan anda. Terserah anda mau isi apa. Setelah anda ganti jangan lupa klik tombol ‘Save Changes’. Selain ‘Customize Labels’ itu anda juga bisa mengatur huruf yang dipakai di kotak ‘Text Layout Fonts’ yang terletak di bawah. Di atasnya ada ‘Rating Style’ untuk mengatur ukuran bintang dan warna dari bintang itu. Kita bisa juga memakai gambar kita sendiri, tapi tampaknya fitur itu belum diaktifkan oleh WordPress.

Di bagian atas Advance Setings itu seperti yang anda lihat ada ‘Rating Type’ yang berisikan dua pilihan yaitu ‘5 Star Ratings’ dan ‘Nero Rating’. Anda bisa memilih mengganti rating dengan model Nero. Model ini jauh lebih sederhana karena hanya ada dua pilihan yaiu Bagus [Jempol ke atas] atau Jelek [jempol kebawah]. Rating ini lebih simple karena hanya ada dua pilihan tidak seperti ‘5 Star Ratings’ yang mempunyai lima pilihan.

Silahkan dicoba dan semoga informasi ini bermanfaat

3 responses to “Rating di WordPress

  1. wahyu am Juli 22, 2009 pukul 8:43 am

    yepi yepi 😀

    udah coba di blog ane.

    thanks gan

  2. bay-kun Juli 22, 2009 pukul 12:17 pm

    oohhh, begitu yaks…
    klo diblogger.com malah bisa dikostum…
    gak cuman rating bintang, tapi ngasih nilai bagus, jelek, sedeng, lucu, unik, ya gitu2 deh…
    cuma males masang, hehee…

  3. Yasir Alkaf Juli 22, 2009 pukul 5:04 pm

    paling ini keterangan d bintangnya aj yg dari poor average good atau excelent diganti jadi bagus jelek lucu itu…

    hampir2 sama lah..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: