Yasir Alkaf

Movie – Football – Book – Daily Life

Tentang Pemenang Panasonic Gobel Awards 2011

GELARAN Panasonic Gobel Awards 2011 akhirnya selesai juga diselenggarakan. Acaranya kalau boleh saya bilang sangat kaku. Hanya terkadang beberapa humor diselipkan oleh pembaca nominasi yang ya lumayanlah bisa untuk memecah keseriusan. Yang cukup berbeda dengan ajang lain, di Panasonic Gobel Awards 2011 kali ini hanya para undangan yang mengikuti acara. Tak ada penonton, yang biasanya alay, layaknya penghargaan yang lain. Kesan yang ingin ditampilkan sepereti nya kesan Eksklusif karena hanya ditujukan untuk insan pertelevisian saja. Bagus, karena kebetulan tempatnya juga representatif dan tak biasa karena di sebuah Gedung Bioskop XXI kalao saya tidak salah.

Kemarin saya membuat tebakan kira-kira siapa saja yang bakal memenangkan awards. Bagaimana hasilnya? Kita lihat saja perbandingannya:

KATEGORI PROGRAM ACARA

NO KATEGORI PEMENANG PREDIKSI
1. Drama Seri PUTRI YANG DITUKAR Putri Yang Ditukar
2. Kuis & Gameshow SUPER FAMILY Super Family
3. Infotainment SILET Silet
4. Music/Variety Show DAHSYAT Dahsyat
5. Reality Show UYA MEMANG KUYA Jika Aku Menjadi X
6. Komedi OPERA VAN JAVA Opera Van Java
7. Talkshow Hiburan BEAUTY AND AZIZ Pas Mantab X
8. Anakanak IDOLA CILIK 3 Laptop Si Unyil X
9. Pencarian Bakat INDONESIA MENCARI BAKAT Indonesia Mencari Bakat
10. Pertandingan Olahraga AFF SUZUKI CUP 2010 AFF Suzuki Cup
11. Jurnal Olahraga GALERI SEPAKBOLA INDONESIA Galeri Sepakbola Indonesia
12. Travel, Hobi & Gaya Hidup ALA CHEF Ceriwis X
13. FTV (Film Televisi) SIX MILLION DOLLAR MAN Six Million Dollar Man
14. Berita SEPUTAR INDONESIA Seputar Indonesia
15. Talkshow Berita OBAMA EKSKLUSIF RCTI BERSAMA PUTRA NABABAN Obama Eksklusif RCTI Bersama Putra Nababan
16. Majalah Berita
PULANG KAMPUNG NIH Pulang Kampung Nih

KATEGORI INDIVIDU

NO KATEGORI PEMENANG PREDIKSI
1. Aktor ATALARIK SYACH Resky Aditya X
2. Aktris NIKITA WILLY Nikita Willy
3. Presenter Kuis/Gameshow ANJASMARA Darius Sinathrya X
4. Presenter Infotainment IRFAN HAKIM Indra Herlambang X
5. Presenter Musik/Variety Show OLGA SYAHPUTRA Olga Syahputra
6. Presenter Berita/Current Affair PUTRA NABABAN Putra Nababan
7. Presenter Talkshow ANDI F. NOYA Andy F Noya
8. Presenter Talent Show ANANDA OMESH Ananda Omesh
9. Presenter Reality Show UYA KUYA Uya Kuya
10. Presenter Olahraga DONNA AGNESIA Darius Sinathrya X
11. Komedian SULE Sule X

Kalau dibandingkan antara prediksi saya dan kenyataan pemenang Panasonic Awards 2011, hasilnya cukup akurat. Prediksi saya yang benar ada 19, sementara yang salah ada 8. Kalau dipresentasekan berarti prediksi saya 70,37% benar. Jauh lebih baik dari tahun sebelumnya yang baru bisa benar 50%. Kenapa kali ini presentasenya bisa naik? Karena dilihat dari nominasi yang dihadirkan sebenarnya untuk menentukan pemenang sudah ada polanya. Cenderung diarahkan untuk memenangkan pihak tertentu yang boleh dibilang You-Know-Who. Maaf kalau agak tendensius.

Contoh lihat saja nominasi Drama Seri. Dari sekian nominasi hanya dua saja yang masih tayang, jadi yang bisa ditebaklah siapa yang akan menang. Program Acara Music juga demikian. Dari sekian nominasi ada satu acara yang sudah tidak tayang lagi, sementara yang lain cuma tayang mingguan. Jelas saja yang menang ya program harian yang promonya bisa dilakukan tiap hari. Begitu juga untuk program Majalah Berita dan Talkshow Berita. Ada ketidakadilan dengan menyelipkan satu program Liputan Khusus yang sangat spesifik diantara program rutin yang lain. Karena program itu menghadirkan boleh dibilang orang nomor satu di dunia ya wajarlah kalau menang.

Saya sedikit ingin mengomentari kemenangan Putra Nababan juga Seputar Indonesia. Sebenarnya saya agak kurang cocok mereka mendapat awards. Seputar Indonesia menurut saya durasinya pendek serta materinya kurang lengkap dan variatif. Berita favorit saya malah Redaksi Trans7 dan Reportase TransTV. Dua berita itu materi beritanya banyak sampai boleh dibilang menjangkau seluruh Indonesia. Tiap minggu bahkan Reportase TransTV menhadirkan laporan investigatif. Sayang dua acara itu tidak masuk nominasi sama sekali. Kenapa Seputar Indonesia dan Putra Nababan yang masuk menurut saya karena Seputar Indonesia pandai memanfaatkan momentum. Tahun lalu menjelang Panasonic Awards 2010 Putra Nababan mewawancarai Barrack Obama dan berkali-kali diputar ulang dengan berbagai macam variasi di Seputar Indonesia. Akhirnya mereka dapat awards. Trik itu dipakai lagi, kali ini liputan khusus ke Australia, dan berhasil.

Saya kurang paham siapa penyusun nominasi awards ini, tapi kalau boleh kasih saran, ke depan pertimbangkan lagi materi yang masuk nominasi. Untuk acara yang sudah lama mati (karena kurang berhasil) apa ya patut masuk nominasi? My Name is Eko misalnya, ini acara ‘gagal’ karena hanya beberapa kali tayang, masa ya masuk nominasi. Untung kalah, kalau menang? Ada juga sih acara yang sudah mati dan menang, tapi dengan begitu awards-nya jadi ‘tak berguna’. Lalu seperti yang sudah saya tulis sebelumnya, untuk acara dadakan ya seharusnya tidak dibarengkan dengan acara rutin. Kasihan mereka yang concern menggarap acara rutin tiap minggu, yang sebenarnya tidak kalah bagus, harus dikalahkan sama acara lain yang cuma sekali tayang.

Untuk penyiaran, MNC Group lumayan sudah melakukan perbaikan. Kalau tahun kemarin tampak terlalu menonjolkan dirinya sendiri dengan banyak menyiarkan awards yang didapat tahun ini sepanjang yang saya tonton (saya nonton tidak sampai selesai) MNC Group lumayan adil. Beberapa acara yang sebenarnya unggulan RCTI tidak ditayangkan penyerahan award-nya secara live. Baguslah. Semoga tahun depan tidak ada pemboikotan lagi seperti yang dilakukan ole TransCorp.

Itu saja komentar saya tentang Panasonic Awards 2011 ini. Biar bagaimana saya ucapkan selamat kepada para pemenang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: