Yasir Alkaf

Movie – Football – Book – Daily Life

Dikecewakan (Oknum) Kantor Pos

SEBENARNYA ini bukan kali pertama saya berurusan dengan Pos Indonesia atau yang biasanya orang kampung macam saya sebut Kantor Pos (selanjutnya saya tulis Kantor Pos saja, lebih nyaman di saya). Sudah kali kesekian saya berhubungan baik dengan Kantor Pos, baik itu untuk jasa pengiriman surat maupun paket. Saya memang memiliki kepercayaan penuh kepada Kantor Pos karena selama ini baik surat maupun paket yang saya kirim selalu sampai tepat sasaran dan tepat waktu. Dibanding jasa pengiriman lain Kantor Pos lebih murah dan kantornya tersebar di mana-mana. Itulah mengapa saya lebih memilih Kantor Pos.

Sampai akhirnya saat mengecewakan itu tiba. Saya dan pacar yang saya kirimi paket kecewa karena paket sampai tidak tepat waktu gara-gara ulah oknum pegawai Pos. Bahkan kalau pacar saya tidak komplain ke Kantor Pos, paket yang saya kirim mungkin malah tidak akan sampai. Kantor Pos tidak salah, yang salah pegawainya. Itu kenapa saya sebut oknum. Saya masih dan tetap menghormati Kantor Pos atas jasa-jasanya pada saya. Namun biarlah tulisan ini tetap saya publish. Hitung-hitung bisa digunakan sebagai bahan untuk evaluasi internal Kantor Pos.

Jadi ceritanya pacar saya meminta tolong untuk dicarikan buku di Jogja. Sebagai Kota Pelajar, memang lebih mudah mencari buku di sini daripada di Purwokerto, kota tempat tinggal pacar saya. Buku ini digunakan sebagai rujukan utama skripsi pacar saya, jadi tanpa buku ini penelitian dia macet. Aslinya buku ini terbitan Gramedia tapi ternyata di Gramedia Pusat-pun tak ada. Stok-nya habis. Sebelumnya sudah saya kelilingi toko buku besar di Jogja macam Toga Mas maupun Social Agency. Hasilnya negatif juga. Di computer ada, tapi stok-nya kosong. Harapan terakhir tinggal di Gramedia Ambarukmo Plaza. Untungnya ada dan tInggal satu-satunya. Syukurlah, yang penting dapat.

Buku itu saya dapat hari Rabu (02/03/2011) dan besoknya, Kamis (03/03/2011), langsung saya antar ke Kantor Pos untuk dikirimkan via Pos Express. Beberapa waktu sebelumnya saya pernah mencarikan buku untuk pacar saya dan saya kirim lewat Pos Express. Cukup sehari saja paket sudah sampai tujuan. Itulah mengapa saya memilih layanan itu. Biayanya juga murah, 13ribu. Daripada layanan antar swasta saya pernah mau nyoba butuh biaya sekitar 30ribu dan baru sampai 3 hari kemudian. Entah kenapa jarak tak terlalu jauh malah lama, beda sama Kantor Pos.

Saya kirim hari kamis dan sudah selesailah tugas saya. Nah tapi yang tak disangka, besoknya hari Jumat (04/03/2011), ditunggu sampai sore sampai pacar saya tidak pergi-pergi dari rumah, bukunya tidak kunjung sampai. Agak aneh. Mana besok sabtu libur Nyepi dan lusa-nya hari minggu pula. Pacar saya masih agak berharap semoga minggu bisa datang, walaupun agaknya tidak mungkin.

Dan nyatanya bahkan sampai hari minggu paket buku itupun tak sampai. Saat itu saya tak kepikiran untuk cek tracing paket-nya via website sampai diingatkan oleh pacar saya untuk coba mengeceknya. Saya cek ke website Pos Indonesia, masukin barcode transaksi saya dan hasilnya, ternyata katanya paket saya sudah sampai hari Jumat (04/03/2011) sinag menjelang sore. Bahkan tercatat nama pacar saya sendiri yang menerima paket itu. Sampai dari Hongkong? Tidak ada paket itu sampai tujuan. Lantas dimana paket saya itu. Masalahnya buku itu cukup langka. Amat sangat sayang sekali kalau sampai dihilangkan sama orang tak jelas.

Senin (07/03/2011) paket itu masih pacar saya tunggu. Siapa tahu ‘keajaiban’ itu datang. Ditunggu sampai siang ternyata paket itu tak kunjung tiba. Terpaksa pacar saya datang ke Kantor Pos untuk komplain. Bagaimana bisa di Tracer Pos Indonesia disebutkan pacar saya itu sudah menerima paket padahal paket itu belum pernah sama sekali datang ke rumahnya. Petugas yang menemui pacar saya itu ngecek tracer juga dan mengiyakan bahwa paket itu harusnya sudah sampai. Hanya saja petugas pengantar saat itu sedang tidak ada jadi tidak bisa dikonfirmasi. Pacar saya diminta datang lagi sore nanti untuk dikonfrontir *jiah* dengan petugas pengantar itu.

Karena ada kesibukan lain, baru keesokan hari pacar saya menyambangi Kantor Pos. Hari Selasa (08/09/2010) sekitar jam 8 pagi dia kembali ke sana. Kebetulan si petugas antar yang kemarin belum berangkat, baru sampai. Jadilah pacar saya dikonfrontir dengan petugas antar barang oleh pegawai Kantor Pos. Petugasnya masih muda, mungkin lulusan SMA. Kita sebut saja petugas antar barang itu F. Sengaknya, si F ini ternyata memang tidak mengantar paket saya itu ke tujuan dengan alasan tidak tahu dan tidak menemukan alamat yang saya tulis!!

*nguik*. Bagaimana bisa alamat itu tidak ketemu? Saya sudah amat sangat jelas menulis alamat suratnya, bahkan sampai ke nama RT-RW plus nama jalan setapak alamat rumah pacar saya. Dan rumahnya itu ada di tengah kota, tak jauh dari Kantor Pos. Paling hanya sekitar 1 kilometer saja. Dulu saya pernah menulis alamat itu tanpa nama jalan setapaknya saja bisa sampai, koq yang ini malah tidak sampai? Bagaimana mungkin dia tidak tahu ada alamat itu? Lagipula kenapa tidak tanya dulu ke warga sekitar? Itu kan tanggung jawabmu mas-nya. Alasan yang sungguh tidak masuk akal dan sangat menyebalkan.

Untuk menutupi ketidaktahuannya itu si petugas pengantar pos itu akhirnya menitipkan paket itu ke rekan kerjanya yang sudah pensiun yang katanya tahu alamat itu. Dan kemudian si petugas lapor ke kantor bahwa paket itu sudah sampai. Itu kan amat sangat tidak bertanggungjawab namanya.

Dan yang lebih menyebalkan lagi, si pensiunan itu juga tidak mengantarkan paket saya itu dengan alasan tidak tahu alamat itu. Lah tadi tahu koq sekarang tidak tahu? Anehnya dia tidak tahu alamat itu tapi membiarkan paket itu ngendon di rumahnya. Bagaimana bisa seperti itu coba? Ngawur banget.

Untungnya hari Selasa itu paket itu sudah diambil lagi oleh pegawai Kantor Pos. entah kapan mereka ambilnya. Jadi setelah dikonfrontir serta mendengarkan penjelasan dan permintaan maaf si F, pacar saya menerima paket itu. Jadilah paket Pos Express yang harusnya sampai 1 hari saja itu sampai 5 hari kemudian. Itupun harus sampai di klarfikasi dulu. Tanpa klarifikasi entah kapan paket itu bisa sampai.

Entah ada mekanisme disiplin dari Kantor Pos terhadap petugas yang ngawur itu, saya dan pacar saya tidak paham. Yang jelas kali ini saya sangat kecewa sama oknum petugas pos itu. Semoga tidak ada korban lain atas ketidakprofesionalan yang tidak masuk akal itu seperti saya. Cukup saya saja. Tolong perbaiki ya wahai Pos Indonesia. <

Nb: Walaupun telat sampai, tidak ada bentuk kompensasi kepada pacar saya. Yang ada hanya permintaan maaf saja. Padahal saya sudah bayar lebih untuk paket yang cepat sampai. Ternyata datangnya malah sangat lambat harusnya ada kompensasi tuh.

34 responses to “Dikecewakan (Oknum) Kantor Pos

  1. ladeva Maret 12, 2011 pukul 10:55 pm

    Waktu itu aku juga pernah mau kirim paket ke (kalo gak salah) 5 provinsi. Aku datang jam 2.30 nah, karena sebelum aku, antrian dah ada 3 orang. Pelayanan lumayan lama, terus jam 2.50, petugas nanya: mbak, paketnya banyak banget. Tinggal aja sekarang, udah mau tutup. Besok datang lagi. Hah…aku rumah dimana sedangkan kantor pos dekat kantor. Besok Sabtu pula. Yawda aku galakin aja. Hehehee…akhirnya tetap dilayani sampai jam 3.10. Kasih tips lah ke mereka 🙂

  2. mayyanti aprisastika Februari 29, 2012 pukul 6:32 pm

    akuu juga nii paket eank dii kirimm temenn akuu gg sampe” padahall dahh dii tungguu teruss dii rumahh ..

  3. Ayu Alia September 8, 2012 pukul 11:24 am

    Nieh ajh aq lgi bgung ma pketanq yg di barrcode nya dh terkirim tpi customerq blang lom nrima sma skli,
    pdhal nii dah 4 hari hruse kn shri lgsg smpe.
    hadeh

  4. tia Oktober 24, 2012 pukul 8:44 am

    kantor pos memang ga bertanggung jawab atas keluhan customersnya, sy kirim barang ke luar negeri sampai 1 bulan ( pdhl saya bayar untuk 6 hari ). dan barang tidak di sampaikan, malah di kirim balik ke indonesia dan saya harus tanya SENDIRI ke bea cukai ( aturan apa itu, seharusnya klo memang aturan nya ada serti itu CS nya kantor pos ya menjelaskan dong kepada cust bodoh seperti saya )
    Saya dan teman saya kirim ke alamat yg persis sama, kiriman teman saya sampai dan kiriman saya di kembalikan. ALASAN ANEH!!!
    sekarang saya harus kirim ulang paket tersebut dengan biaya double.

  5. Romel Januari 21, 2013 pukul 4:02 pm

    Saya kirim paket ke california dari bogor, sudah 3 thn paket nya tak kunjung tiba…
    Urusan kirim mengirim surat atau paket kantor pos bukan lah jasa yg tepat..

  6. yunus Februari 3, 2013 pukul 6:20 am

    saya kirim STNK, barang belum nyampe 2minggu manajelgnka – jakarta express.

  7. almer Maret 5, 2013 pukul 4:19 pm

    saya ngirim ke sidoarjo malah paketannya terkirim ke samarinda #hedeeehh…..

  8. gofursp April 18, 2013 pukul 7:53 am

    rugi gan pakai pos express… gua nunggu paketan seharusnya nyampe 1 dalam tulisan pos indonesia, maksimal dua hari lah anggapan gua, malah 3 hari baru nyampe, bayarnya 2 kali lipat… pos indo masih tetap payah

  9. bejo Mei 16, 2013 pukul 2:47 pm

    gak lagi deh pake layanan kantor pos untuk kirim paket….

  10. irwan.. Juli 23, 2013 pukul 2:08 pm

    saya jga gt bro.
    saya kmrin tggl 2 july 2013 bru krim paket kilat khusus, tp nyatanya sampai skrg blm jga nympai tujuan..
    saya sdh komplain k kntor pos pengirim , katanya msh dlm proses..
    masak pket kilat khusus smpai 20 hr lbh..
    gimna ya cara komplain ke pusatnya , biar ada ketegasan dr pusat klo kerja kntor cabangnya amburadul..
    catatan saya krm dr kntor pos PONTIANAK tujuan KEDIRI.

  11. adrianus Agustus 29, 2013 pukul 2:39 pm

    saya juga mas/mbak .. saya lagi galau ini nunggu barang yg di kirim lewat kantor Pos,g dateng2,uda hampir 2 minggu padahal

  12. Ari September 19, 2013 pukul 8:48 pm

    Mendingan pake Jasa JNE/TIKI .Walaupun sdikit mahal,yg penting nyampe tepat waktu.

  13. ferry Oktober 12, 2013 pukul 2:34 pm

    y ni,gmn sih pelayanan kantor pos…sya jg demikian
    Dtnggu mpe 5 hri lbh sya lum dpet pketnya tp sya cri dpencarian krman sya berstatus sdah terkrim

  14. bracho November 7, 2013 pukul 11:23 am

    kalau cerita itu yg bener. gmn gak kntr pos kyk gtu. u cerita aja kyk ngarang di atas lutut. cek tgl u beli buku itu. sama tanggal pacar u datangin kantor pos. yg ada bukan 5 hari tp setaun coy hahahaha

  15. bracho November 7, 2013 pukul 11:29 am

    emang bisa ya tanggal mundur dari tgl (02/03/2011) jadi mundur ke tgl (08/09/2010). kalender mana tuh. jogja ya hahahaha

  16. tomi November 12, 2013 pukul 12:18 pm

    kantor pos yg tidak bertangung jawab . kantor posnya jadi senang deh karena udah bayar lebih kok malah tidak di antar tepat waktu

  17. Fadel November 14, 2013 pukul 8:21 pm

    Aku dah terlalu sering kecewa dengan pelayanan POS, lebih baik pake Jasa Swasta

  18. robin bejo Desember 22, 2013 pukul 11:06 am

    sangat mengkawatirkan pake jasa pos…..mending pake partikelir wae cepet…

  19. arifin Februari 16, 2014 pukul 12:40 pm

    Banyak sekali komplain yang berhubungan dengan pelayanan pos. Sebaiknya di teruskan ke website posindonesia.co.I’d tentang keluhan pelanggan.
    Sehingga ada perbaikan untuk ke depannya.

  20. dedy April 29, 2014 pukul 12:16 am

    saya pengguna setia jasa kantor pos, saya bisnis online, pake pos express selalu tepat waktu 1 hari sampai. komentar temen-temen di atas apakah semuanya benar adanya saya kurang yakin, atau hanya karangan para pesaing kantor pos untuk merusak citra prusahaan yang telah sekian lama membantu banyak masyarakat Indonesia dari sabang sampai merauke.
    saya rasa kantor pos sudah jauh berubah lebih baik dan lebih modern.

  21. ANGGI BELLA Ramega Mei 1, 2014 pukul 2:02 pm

    paket saya dari surabaya ke bangkalan belom sampe, udah 3 hari

  22. jali Mei 4, 2014 pukul 1:31 pm

    kantor pos asuuuu. oknum pegawai pemalas semua

  23. Novy Juni 1, 2014 pukul 4:15 pm

    Assklm,,, tlg info bg yg tau no. telp atau hp pos paku jaya (15316) ato ciputat. Tgl email ke novy.lita@gmail.com udh 2 mggu paket sy blm sampe pdhl pket kilat khusus yg maks. 4 hr nyampe.. Mana mhl bgt ongkosnya!! Anehnya lg sy kirim 2 paket ke kota yg sama namun alamat berbeda,, paket yg 1 udh sampe, kok yg satunya lg entah kmn bingung sy ,, ga ada pihak pos mengabari keterlambatan ato gmn pdhl udh tercantum no hp penerima,,, herannn deh..

  24. mely Oktober 23, 2014 pukul 4:56 pm

    tukang pos parah… kirim barang main lempar aja akhirnya ke cebur itu barang di selokkan saya keluar niat mau bantu, malah dia jalan aja naik motor. kesel banget sama tuh tukang pos.. gak punya etika. area tanggerang/dadap

  25. ali selly November 26, 2014 pukul 7:16 pm

    gimana ni?? paket ku aja belum sampai padahal udah menjelang 3 minggu pengiriman.

  26. masuk sini Desember 16, 2014 pukul 10:17 am

    mungkin petugas posnya kurang tuh incentivenya… ayo kantor pos, benahi layanannya dunk…

  27. Lee Februari 11, 2015 pukul 1:14 pm

    Thank you for the auspicious writeup. It in truth was a enjoyment account it. Glance complex to more added agreeable from you! By the way, how can we communicate?

  28. tatang Juli 13, 2015 pukul 9:50 am

    kok ane ya dari paket expres berubah jadi paket kilat khusus
    ..yg salah mananya ni..???

  29. susan Juli 13, 2015 pukul 12:25 pm

    Kantor pos di tempat sya kinerja pegawainya super duper lelet.harusnya pos indonesia hanya bisa menerima karyawan yg sigap dan teliti.membayar angsuran mobil saja hrs antri 1jam lebih,padahal tdk terlalu ramai.

  30. ade September 2, 2015 pukul 10:32 pm

    yang lebih mengecewakan jika yang dikirim adalah lamaran pekerjaan, saya pernah ngalamin ,di cek barcode katanya terkirim,tpi saya tidak di panggil2.. kebetulan saya kenalan sama org yg kerja dikntor tempat saya melamar,cerita-cerita trus saya tanya apa penerimaannya sudah diproses, kata dia sudah interview, trus saya bilang kok saya tidak dipanggil, trus dia tnya nama saya dan katanya lamaran saya tidak ada,sampai dia mengecek di kantornya.. bagaimana perasaan si pelamar yang menunggu nunggu pangilan, berfikir dia tidak masuk kualifikasi padahal ternyata lamarannya tidak sampai.

  31. imamwahyudi89 November 7, 2015 pukul 11:41 pm

    Ya gan sama…semoga pos indonesia bisa memperbaiki dan menekankan pelayanannya lebih baik lagi…

  32. theananda Desember 4, 2015 pukul 8:47 am

    sama , paketanku belum sampai juga . di krim dari tanggal 17/11/15 smpai tanggak 4/12/15 belum sampai .tlong PT.POS INDONESIA di proses .

  33. hendry Maret 22, 2016 pukul 7:12 pm

    sama, paketku belum sampe juga tapi di cek di tracking pos katanya sudah diterima oleh satpam, kebetulan gue tinggal di villa jadi ada penjaga keamanannya, terus gue tanya ke satpam gk ada barang nya . yg anehnya kenapa pengantar ini tidak tanya no resinya ya . kacau ini ,

  34. janicesantosa April 2, 2016 pukul 10:03 am

    masih bagus ada permintaan maaf.. yg saya alami malah paket yg saya kirim kembali lagi ke saya, plus 4 staples menancap di paketan saya.. padahal paket trsebut berisi buku dengan harga yang lumayan mahal.. dan ketika saya komplain ke kantor pos cabang tempat saya mengirim, mereka bilang mereka tidak menerima komplain, silahkan komplain ke kantor pos besar (masih bisa diterima jawaban yg ini) dan ditambah dgn kalimat “makanya lain kali packingnya yang bagus”

Tinggalkan Balasan

