Yasir Alkaf

Movie – Football – Book – Daily Life

The Green Hornet (2011): Powerless Super-Funny-Hero

KONON, menurut Wikipedia tentu saja, film ini harus melalui proses yang amat sangat panjang untuk menjadi sebuah film. Direncanakan sejak tahun 1992, film ini baru berhasil tayang 2011. Banyak aktor yang direncanakan untuk berperan di film ini mulai dari George Clooney, Jet Li, Jason Scott Lee juga Nicholas Cage. Semuanya batal. Di belakang layar juga banyak orang yang silih berganti masuk tapi karena satu dan lain hal ada saja halanagn sehingga film ini gagal produksi. Baru sekitar dimulai tahun 2007 film ini mulai serius digarap lagi dan berhasil tayang tahun ini. Sekedar informasi, film ini diangkat nerdasar sandiwara radia jaman purba dulu AS dan pernah dijadikan serial telvisi dengan dibintangi Bruce Lee.

Adalah Britt Reid [Seth Rogen] anak seorang konglomerat The Daily Sentinel yang mendadak tewas terkena alergi sengatan lebah. Otomatis dengan meninggalnya ayahnya, Britt Reid menjadi pewaris dan memimpin Sentinel. Padahal Britt sendiri orangnya sangat urakan, playboy, party goers dan yang utama tidak suka dengan ayahnya. Awalnya dia tidak memperdulikan keberlangsungan media itu, sampai akhirnya nantinya media itu dimanfaatkan dia sendiri untuk kepentingannya.

Selain Britt ada satu tokoh lagi bernama Kato [jay Chou]. Kato awalnya hanya sekedar supir ayah Brit sekaligus pembuat kopi di keluarga Britt. Berawal dari kekaguman Britt pada mesin pembuat kopi buatan Kato, ternyata Kato tidak sekedar supir yang pandai membuat kopi tapi juga seorang mekanik handal dan bahkan jago beladiri. Keduanya sama-sama kurang suka dengan ayah Britt dan kemudian mereka sepakat untuk memotong kepala patung ayah Britt yang dipasang di makamnya. Saat melaksankan aksinya tanpa sengaja Britt melihat ada penjahat yang hendak mencelakai pasangan yang sedang jalan. Britt dan Kato menolong mereka dan setelahnya Britt mepunyai ide gila untuk menjadi superhero jalanan. Apalagi Kato ahli mekanik dan beladiri, menjadi superhero tentu ‘mudah’ bagi mereka.

Ide gila Britt adalah, mereka menjadi superhero penjahat. Mereka mencitrakan diri sebagai penjahat dengan menghajar penjahat. Seolah mereka itu gangster baru yang ingin menguasai LA dengan menumpas gangster-gangster yang ada. Citra itu juga dibangun lewat media yang dimiliki Britt. Sebagai alat bantu, Kato membuat mobil bernama Black Beauty yang dilengkapi berbagai macam senjata sebagai kendaraan tempur mereka. Mereka, lebih tepatnya Britt karena Kato hanya dianggap sebagai sidekick [pelengkap] saja, menamakan dirinya sebagai Green Hornet. Tingkah Britt yang sembrono tentunya membuat Chudnofsky [Cristoph Waltz] mafia utama Los Angeles keki.

Sayangnya Britt ini lumayan egois. Britt ini sebenarnya tidak bisa apa-apa . Kadang justru dia malah mengacau. Kato-lah yang menjadi master mind di balik Green Hornet. Britt yang mulai keki dengan Kato yang lebih hebat mulai sebal. Apalagi si seksi Lenore [Cameron Diaz], sekretaris Britt yang diincar Britt, juga cenderung mulai perhatian dengan Kato. Di sisi lain, Kato sendiri juga mulai tidak suka hanya sebagai sidekick. Eksistensi dia tidak ada. Perpecahan internal mulai melanda di saat Chudnofsky mulai mengejar Green Hornet, juga Jaksa korup bernama Scanlon [David Harbour].

Ketika melihat cast film ini saya sempat heran, ini siapa sih Seth Rogen sang pemeran Britt Reid? Koq bisa-bisanya dia berperan jadi tokoh utama. Tampang dia itu sangat tidak pas memeranakan seorang superhero yg playboy. Tapi setelah saya perhatikan ternyata dia sangat cocok di peran ini. Polahnya lucu, membuat film ini jadi hidup. Postur dia dia yang agak gemuk juga malah jadi pas untuk menjadi superhero yang sebenarnya hanya bisa mengacau itu.

Saya membayangkan jika George Clooney jadi mengambil peran Britt mungkin film ini jadi tidak sebagus sekarang ini. Clooney sangat tidak mungkin berperan kocak. Jadi film ini bisa jadi serius mengikuti karakter Clooney. Kalau serius karakter Britt jadi tidak jauh beda dengan Bruce Wayne, milyarder Gotham City yang juga superhero tanpa kekuatan penumpas kejahatan di malam hari bernama Batman. Justru dengan diperankan Seth Rogen karakter ini jadi lebih hidup dan film ini juga dibentuk dengan unsure komedi yang cukup kental. Apalagi Seth Rogen ini masuk sebagai co-writer dan produser eksekutif di film ini jadi karakter Britt bisa ia explore seperti keinginan dia.

Kemudian Jay Chou sang pemeran Kato. Jay setahu saya bukan aktor melainkan penyanyi yang entah sebenarnya punya kemampuan beladiri atau tidak dan juga kemampuan aktingnya teruji atau tidak untuk film sekelas film Hollywood. Entah atas pertimbangan apa Jay yang diambil memerankan Kato. Untungnya menurut saya dia berperan dengan sangat baik. Film ini juga tidak melulu tentang beladiri karena juga menggunakan senjata api juga jadi mubazir kalau Jet Li yang harus memerankan karakter Kato. LAgipula perawakan Jay Chou yang kurus juga pas untuk mengesankan dia sebagai supir.

Secara cerita film ini sangat unik. Jika biasanya sang jagoan utama sangat sakti, meskipun dia tidak punya kekuatan super, di film ini justru tidak. Si Green Hornet justru sebenarnya tidak bisa apa-apa. Justru Kato yang tidak punya nama samara in lah yang menjadi master mind atas kesuperheroan Green Hornet. Bruce Wayne dengan nama superhero Batman ataupun Tony Stark dengan nama superhero Iron Man juga sebenarnya tidak punya kekuatan super, tapi mereka tetap saja menjadi super dengan berbagai fasilitas yang ada. Beda sekali dengan Britt Reid. Tingkah Green Hornet yang tidak bisa apa-apa juga dieksplor dengan baik dengan nuansa komedi yang sangat menghibur.

Penasaran? Silahkan coba nonton. Jangan salahkan saya jika anda terpingkal-pingkal saat menyaksikan film ini. Tidak usah khawatir action di film ini bakal sevulgar The Mechanic. Action di film ini sangat artistic ditambah visual effect yang lumayan pula. Saya jamin anda akan puas menonton film ini.

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: