Yasir Alkaf

Movie – Football – Book – Daily Life

Official Anthem Piala Dunia Favorit [1986-2010]

PIALA DUNIA atau FIFA World Cup 2010 berasa hampa tanpa adanya theme song yang memeriahkan gelaran itu. Sebenarnya saya penasaran mencari lagu-lagu apa saja yang menjadi theme song atau soundtrack Piala Dunia sejak pertama sampai sekarang. Solusi untuk mencari tentu saja wikiwalking, tapi ternyata tidak saya temukan adanya list theme song Piala Dunia sejak pertama sampai tahun 2010 ini.

Rasa penasaran saya akhirnya terobati tanpa sengaja saat menonton acara music On the Spot di trans7. Saat itu trans7 menyajikan info lagu yang menjadi theme song atau soundtrack atau anthem di Piala Dunia. Ternyata baru di tahun 1986 di Meksiko Piala Dunia mempunyai theme song. Artinya sampai sekarang baru ada 7 theme song Piala Dunia. Tentu yang saya maksud di sini adalah lagu andalan atau lagu utama, bukan album. Kalau album ya lagunya memang banyak.

Langsung saja ketujuh lagu tersebut adalah

1986, Mexico: Stephanie Lawrence – Special Kind Hero

1990, Italy: Gianna Nannini & Edoardo Bennato -Un Estate Italiana

1994, USA: Queen – We are the Champions

1998, France: Ricky Martin – Cup of Live / la Copa de la Vida

2002, Japan & Korea: Anastacia – Boom

2006, Germany: il Divo Toni Braxton – Time of our Live

2010, South Africa: Shakira – Waka waka

Sepanjang hidup saya [fyi: saya kelahiran 1987], baru 3 kali Piala Dunia yang saya ikuti yaitu mulai tahun 2002. Piala Dunia 1990, 1994 entah sudah disiarkan atau belum di tv Indonesia. Kalaupun disiarkan saya masih di bawah umur jadi masih belum kenal sepakbola, begitu juga tahun 1998. Namun meski tahun 1998 saya tidak mengikuti Piala Dunia tapi saya ikut menikmati lagu yang dinyanyikan oleh Ricky Martin itu. Lagu itu waktu itu benar-benar nge-hit, sampai-sampai dibuat parody-nya oleh P-Project [seniornya Project Pop].

Dan dari 3 lagu Piala Dunia yang saya ikuti ditambah lagu tahun 1998, menurut saya lagu yang terbaik adalah tahun 1998 oleh Ricky Martin, Cup of Live. Lagunya menurut saya bola banget. Iramanya juga menghentak yang bisa membuat sepakbola berasa bersemangat. Sekalipun liriknya bukan pakai bahasa inggris tapi feel-nya bisa dirasakan semua orang. Saya sangat yakin itu.

Kalau boleh sok menganalisa lagu Shakira, Boom, juga cukup bagus. Menghentak dan liriknya cukup menggugah semangat. Tapi karena dinyanyikan oleh cewek tanpa bermaksud bias gender dan tidak ada jadi berasa kurang greget sepakbola.

Untuk tahun 2006 saya jujur malah baru tahu kalau yang jadi lagu andalan adalah lagunya il Divo dan Toni Braxton, lagu yang sangat opera. Menurut saya official anthem Piala Dunia tahun itu kurang promosi. Malah justru lebih popular lagunya Herbert Gronemeyer – Celebrate The Day atau juga Shakira feat Wycleaf – Hips Don’t Lie yang video klipnya sangat hot itu. Belum lagi saat itu RCTI selaku penyiar Piala Dunia di Indonesia bikin lagu sendiri bersama Sheila on 7 yang jadi opening dan closing tiap pertandingan. Akibatnya official anthem-nya yang seharusnya bagian il Divo itu jadi kurang popular.

Tahun 2010 Waka-waka Shakira juga cukup bagus tapi saya merasa nuansa bola-nya tidak ada sama sekali. Malah terdengar seperti lagu pop biasa. Justru Wavin’ Flag-nya K’naan yang nuansa bolanya dapat. Lagu itu awalnya juga sering keluar di tv sebelum diketahui ternyata itu Cuma salah satu lagu versi sponsor. Karena RCTI cukup gigih mempopulerkan Waka-Waka, bahkan sampai closing Seputar Indonesia juga pake lagu ini, Waka-Waka jadi sangat popular dan catchy walaupun entah apa artinya.

Kalau lagu favorit saya adalah lagu yang Ricky Martin, runner up nya tentu saja We are the Champion sang lagu legendaris itu. Lagunya mewah dan sangat cocok dipakai untuk semua olahraga. Sayang pas Piala Dunia 1994 saya masih kelas 2 SD, belum kenal bola, jadi lagu favorit Piala Dunia versi saya tetap saja Ricky Martin, Cup of Live/la Copa de la Vida.

3 responses to “Official Anthem Piala Dunia Favorit [1986-2010]

  1. wulan Juli 12, 2010 pukul 1:54 pm

    k’naan lebih membuat penonton emosional dengan bola, hah,. . .andai saja senandung terakhirnya yg mirip nada lantunan iklan coca cola dihilangkan. Versi indonesia yg entah dinyanyikan siapa kurang greget.
    Omong-omong, saya benci shakira. Goyangannya di semua vc agak aneh terutama di bagian kakinya yang direnggangkan lebar-lebar
    perempuan ras latin yang terobsesi jadi ras kaukasia. Cih!
    Coba bandingkan muka dia di waka-waka dengan yang don’t brother. Yang jarang lihat pasti terkejut. Rambut dia juga ga pirang. Tampang2 kayak chaterine zeta jones. Dia itu latin!

  2. alv92 Juni 26, 2012 pukul 9:16 am

    Kalo buat gw pribadi, Anthem Word 2002 oleh Vangelis itu anthem sepak bola terbaik yg pernah gw denger. Apalagi kalo versi JS 16 RE, paling mantap. Kalo lagu yg kayak gini baru bisa dibilang anthem, ga cuma cocok buat events sepak bola, tapi buat event2 yg lain juga.
    Coba deh dengerin: Vangelis – Anthem FIFA World Cup 2002 (all version), googling aja…:-)

  3. Agung Juli 29, 2012 pukul 9:33 am

    gw nonton piala dunia dari 1998,
    klo buat gw theme song piala dunia paling pas itu :
    1998 ; la copa de la vida , by: ricky martin
    thumbthumping , by: chumbawamba
    2002 ; vangelis (meskipun cuma instrumen orkestra tapi lebih pas ketimbang anastacia)
    2006 ; celebrate the day ; by: herbert gronemeyer
    the time of our live , by: il divo
    2010 ; waving flag , by; k’naan

    btw, ada yang tau ga ini the song piala dunia tahun berapa?
    link youtube : http://www.youtube.com/watch?v=woUUxyuxVjA

Tinggalkan Balasan

