Yasir Alkaf

Movie – Football – Book – Daily Life

The A-Team: Penuh Ledakan tapi Kocak

KALI ini saya akan sedikit mereview film yang kemarin saya tonton, The A Team. Saran bagi yang belum nonton sebaiknya anda dating ke bisokop tepat waktu karena begitu film dimulai ledakan-ledakan sudah dimulai. Selain itu asal mula terbentuknya the A-Team juga diceritakan di 15 menit pertama. Asal-usul menjadi penting karena film ini diangkat dari serial televisi lawas. Para penonton muda macam saya yang tentunya kurang paham tentang background karakter tentu seharusnya tidak melewatkan adegan awal di film ini.

Adegan dimulai di suatu tempat di Meksiko ketika Letnan John ‘Hannibal’ Smith yang akan menyelamatkan Letnan Faceman Peck, biasa dipanggil Face saja, dari sebuah misi. Mereka berdua berasal dari sebuah satuan elit militer Amerika. Di tengah penyelamatan Hannibal bertemu dengan Sersan B.A Barracus dan HM Murdoch. Penyelamatan berhasil dan mereka menjadi satuan militer elit rahasia bernama The Alpha Team, disingkat the A Team, di bawah komando Kolonel Morrison.

Masing-masing mereka mempunyai kemampuan khusus. Hannibal sebagai leader selalu mempunyai ide brilian dan strategi yang sangat matang dan bertugas memimpin tim. Face si pria flamboyan yang cerdik macam McGyver. Murdoch pilot gila yang hobi melakukan manuver-manuver tak terkendali ketika mengendalikan pesawat. Serta Bosco sang kulit hitam pria paling kuat tanpa ampun di tim.

Setelah penyelamatan di Meksiko dan A Team terbentuk setting berpindah ke Irak 8 tahun kemudian setelah mereka sukses menyelesaikan 80 misi penting. Ceritanya mereka akan dipindahtugaskan dari Irak, namun kesatuan Amerika di Irak kedatangan agen CIA yang memberitahu bahwa anak buah Saddam Hussein berhasil mencuri plat pencetak Dollar resmi milik Amerika. Agen itu meminta bantuan Kolonel Morrison dan Letnan Hannibal untuk mencegah plat dan uang aspal yang tercetak keluar dari Baghdad.

Dengan perintah rahasia dari Morrison The A-Team mengerjakan dan berhasil merebut kontainer berisi uang aspal dan platnya tersebut. Namun sayang saat berada di markas komando dan Morrison akan menuju ke kontainer mendadak Humvee sang Kolonel meledak, begitu juga kontainernya. Brock Pike komandan Black Forest, sebuah jasa tentara militer swasta AS yang diperbantukan di Irak, membelot dan merebut plat itu. A Team yang terjebak menjadi terkena imbasnya. Mereka dituduh turut bekerjasama dengan Pike. Akhirnya kesatuan A Team dibubarkan dan anggotanya dipisahkan di penjara keamanan super ketat .

Enam bulan kemudian dengan bantuan Agen CIA yang saat itu datang ke Irak memberi misi, Hannibal berhasil kabur dari penjara dan membebaskan rekan-rekannya yang lain. Berniat membalas dendam kematian Morrison dan membersihkan nama baik mereka sebagai kesatuan elit, mereka pun mencari Pike untuk membalas dendam serta menyelamatkan plat pencetak uang itu dan dikembalikan ke pemerintah Amerika melalui agen CIA itu. Dari sinilah ketegangan akan berlangsung. Ceritanya juga penuh kejutan tak terduga karena ternyata banyak terjadi konspirasi di balik pencurian plat dan pembelotan Pike.

Kurang lebih begitulah plot The A Team. Tak seru jika saya menceritakan sampai akhir, disamping saya juga tak mungkin bisa menceritakan adegan-adegan action yang banyak bertebaran di film ini. Namun saya menjamin jika anda penyuka film penuh ledakan dan ketegangan, film ini amat sangat layak ditonton. Mulai dari kegilaan Murdoch saat mengendalikan helikopter, Hannibal dan Face yang bersusah payah menerbangkan tank yang jatuh dari pesawat agar tank tersebut bisa jatuh ke danau sampai pada adegan penghancuran kapal berisi ribuan kontainer yang mengakibatkan kontainer-kontainer berserakan, semuanya disajikan penuh ketegangan dan ledakan. Kursi tempat duduk saya malah sampai bergetar saking seringnya ledakan terjadi.

Namun jangan khawatir. Meskipun menegangkan tapi kita tidak akan tegang sampai leher kita kaku saat menonton film ini. Banyak juga adegan-adegan konyol yang disajikan di film ini, terutama oleh karakter Murdoch dan Bosco. Tingkah Murdoch yang gila saat menerbangkan pesawat dan bertingkah banyak mengundang tawa penonton. Begitu juga Boston sang pria terkuat dengan badan ala Ade Rai yang ternyata takut terbang gara-gara kegilaan Murdoch saat mengendalikan pesawat. Saking takutnya bahkan Bosco sampai pingsan dan kadang dibuat pingsan saat diharuskan menyelsaikan misi naik pesawat. Pokoknya jangan khawatir, anda akan juga sering tertawa saat menonton film ini.

Awalnya ketika akan berangkat nonton film ini saya agak ragu, kira-kira bagus atau tidak. Tapi ternyata keraguan saya sangat tidak beralasan karena film ini ternyata cukup bagus. Karakternya terbina dengan apik. Liam Nelson yang kemarin baru saja berperan sebagai Zeus di Clash of the Titan sangat cocok berperan sebagai leader A Team. Walaupun sudah cukup berumur tapi masih bisa dan sangat total memainkan adegan-adegan action. Tak nampak kalau sebenarnya ia sudah akan memasuki umur 60 tahun. Bosco Albert Baracus yang diidiomkan menjadi ‘Bad Attitude’ Baracus karena saking kasarnya juga diperankan dengan apik. Dengan bodi supertegap tapi mendadak ekspresinya menjadi ketakutan saat harus terbang benar-benar berhasil memancing tawa penonton.

Satu yang unik, disini kita akan menjumpai tentara swasta AS bernama Black Forest yang turun di meda pertempuran Irak. Pada kenyataannya tentara ini memang benar-benar ada dan juga diterjunkan di Irak. Hanya saja nama tentara swasta itu Black Water. Keberadaan tentara ini sendiri juga cukup kontroversial karena ke-swastaa-nya itu. Mungkin hal inilah yang menginspirasi film ini yang menceritakan pada akhirnya tentara swasta itu berkhianat kepada tentara yang asli.

Finally, tak perlu ragu-ragu bagi para penggemar film action ayokita tonton The A Team. Dijamin tidak akan menyesal.

Oia disini juga saya sertakan gambar pengisi karakter The A Team versi serial. Yah barangkali ada yang penasaran dan ingin membandingkan pemeran versi TV dengan versi film

🙂

3 responses to “The A-Team: Penuh Ledakan tapi Kocak

  1. MecMec Juni 16, 2010 pukul 9:46 am

    Wah,udah ada di bioskop Di? Ni film jadul banget,ak inget ini jaman2 nya McGyver, Air Wolf, Super Force, Swampting, n Knight Rider. Cuman sayang si pemeran BA yg dulu g mo ikutan ni film, alasannya ntar malah filmnya jd g keren,malah jadi perusak film 😄

  2. Yasir Alkaf Juni 16, 2010 pukul 9:57 am

    yoi mec, kmrn ak dah nonton
    keren tuh

    err tpi aku koq g ingat serial ini ya? emang dulu smpat disiarin di tv ya? kalo McGyver ak lha ingat..

  3. meccadev Juni 16, 2010 pukul 10:18 am

    hahahaha,ak tanyain si Indra dkk tp g inget jg. itu jamannya kt kelas 1-3 SD,o iya,tu juga jamannya da film The Friday (stiap mlm jumat,RCTI),trus The Simpsons (17.30 RCTI),sama Star Trek di TVRI. Wah ternyata ingatanku tajam ya,hehe :p
    btw ak malah ketinggalan update film ni,silahkan datang ke http://www.meccadev.wordpress.com,tp masih newbie sih,baru 4 post,wkwkwk 😄

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: