Yasir Alkaf

Movie – Football – Book – Daily Life

Abjad Bahasa Indonesia akan Dikurangi 7 Buah Huruf

Tadi ketika sedang surfing di jagad internet saya dikejutkan dengan adanya kbar pengurangan huruf di abjad Bahasa Indonesia. Berita lama karena tercatat keluar tahun 2009. Entah karena kurang sosialisasi atau apa koq saya baru tahu. Hitung-hitung turut mensosialisaikan saya kopaskan berita itu di blog saya. SIlahkan dibaca selengkapnya

Abjad Bahasa Indonesia akan dikurangi 7 buah huruf

Belakangan ini timbul desas-desus bahwa LIPI (Lembaga Ilmu Penyederhanaan Indonesia) akan memformulakan aturan-aturan baru dalam penggunaan bahasa Indonesia. Salah satunya adalah Mengurangi jumlah abjad pada bahasa Indonesia.

Abjad yang digunakan di dalam bahasa Indonesia saat ini berjumlah 26. Para pakar Komunikasi merasa Ke-26 abjad tersebut masih terlalu banyak, lagipula ada beberapa abjad yang jarang sekali digunakan.
Oleh karena itu para pakar menyederhanakan abjad-abjad tersebut dan menyesuaikan dengan kata-kata yang kita gunakan.

Pertama-tama, huruf X, mereka ganti dengan gabungan huruf K dan S Kebetulan hampir tidak ada kata dalam bahasa Indonesia asli yang menggunakan huruf ini, kebanyakan merupakan kata serapan dari bahasa asing. Misalnya taxi menjadi taksi, maximal menjadi maksimal, dst. Selanjutnya, huruf Q kita ganti dengan KW. Serupa dengan X, kata2 yang mengunakan huruf ini juga sangat sedikit sekali.Berikutnya, huruf Z. Huruf Z kita ganti menjadi C. Tidak ada alasan kuat tentang hal ini. Huruf Y diganti dengan I. Hal ini dilakukan sebab bunii huruf tersebut mirip dengan I.

Kemudian huruf F dan V keduania diganti menjadi P. Pada lepel ini masih belum terjadi perubahan iang signipikan.Hurup W kemudian diganti menjadi hurup U.

Berarti sampai saat ini kita sudah mengeliminasi 7 hurup. Hurup iang bisa kita eliminasi lagi adalah R, mengingat baniak orang iang kesulitan meniebutkan hurup tersebut. R kita ganti dengan L. Selanjutnia, gabungan hulup KH diganti menjadi H. Iang paling belpengaluh adalah hulup S iang diganti menjadi C. Hulup G juga diganti menjadi K. Dan hulup J juga diganti menjadi C.

Caia laca cudah cukup untuk hulup-hulup konconannia. Cekalank kita kanti hulup pokalnia. Cuma ada lima hulup pokal, A, I , U, E, O. Kita akan eliminaci dua hulup pokal. Hulup I mencadi dua hulup E iaitu EE. Cementala hulup U mencadee dua hulup O iaitoo OO.

Cadi, campe cekalank, keeta belhaceel menkulangee hooloop-hooloop keeta. Kalaoo keeta tooleeckan lagee, Hooloop-hooloop eeang telceeca adalah : A, B, C, D, E, H, K, L, M, N, O, P, T. Haneea ada 12 belac hooloop !! Looal beeaca bookan ?? Padahal cebeloomneea keeta pooneea 26 hooloop.

Eenee adalah penemooan eeang cankat penteenk dan cikneepeekan !! Co, ceelahkan keeleemkan tooleecan anda denkan menkkoonakan dooa belac hooloop telceboot.

Jakarta, 26 Oktober 2009, Kampas

Source: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2795050

Just kidding boy and sist… :p

Say No to Alay!! Merusak tatanan baku Bahasa Indonesia!!

8 responses to “Abjad Bahasa Indonesia akan Dikurangi 7 Buah Huruf

  1. triyudantoo Juni 16, 2010 pukul 10:43 am

    kalo ada salah satu huruf dari nama kita yg dihilangkan haruskah ganti nama dan bikin akta baru?
    hrus bkin bubur merah-bubur putih juga donk?
    😀

  2. Pingback: Menjarosa / dooa arquitecturas | International News - Stay up to date with the latest World News, Finance & Business, Green News, Technology and Sports

  3. Dewa Rental Plasma Juni 23, 2010 pukul 3:56 pm

    Ada-ada aja, bangsa ini menurut saya lebih baik membenahi moral anak bangsa ini yang nyatanya sebagai generasi pemimpin mendatang ,di bandingkan hal-hal yang seperti itu.

  4. mul14 Oktober 12, 2010 pukul 4:51 pm

    @Dewa, pasti belum baca nih orang… That’s a joke…

  5. ayu adjah Februari 16, 2011 pukul 12:23 pm

    buat lucu2an aja lumayan menghibur . 🙂

  6. tvkuindo Juni 22, 2011 pukul 5:55 pm

    sangat unpredictable n lucu

    anda akan ditangkap polisi karena telah melakukan penipuan di awal paragraph hahahaha

  7. Ibnuhadjar April 5, 2014 pukul 7:52 am

    saya harap hal ini tdk diberlakukan, krn kalau diberlakukan maka kita akan kembali ke sebelum jaman pra sejarah, coba anda baca paragraf yang saya kutip dr tulisan yang bertema pendidikan berikut: (apa anda mengerti??)
    “Dee ela pelcaeenkan klobal, EEndoneceea memellookan coombeldaya manooceea (CDM) paleepoolna. Manooceea yank celdac, cehat, coocool, belahlak mooleea, belkalaktel, dan memeeleekee kepedooleean coceeal yank teenkkee. Pendeedeekan cebakaee calool ootama penkembankan CDM dan pembentookan kalaktel adalah kata kooncee dalam menentookan naceeb bankca. OOpaya meneenkkatkan mootoo pendeedeekan dee EEndoneceea telah lama deelakookan. Pada ceteeap lencana pembankoonan cankka pancank dan menenkah celaloo telcantoom bahooa peneenkkatan mootoo pendeedeekan meloopakan calah catoo pleeoleetac pembankoonan dee beedank pendeedeekan. Belbakaee eenopacee dan ploklam pendeedeekan cooka telah deelakcanakan, antala laeen penyempoolnaan kooleekooloom, penkadaan bookoo acal, peneenkkatan mootoo kooloo dan tenaka pendeedeekan laeennya, peneenkkatan manacemen pendeedeekan, celta penkadaan paceeleetac laeennya.”
    Selamat belajar membaca.

  8. Zen Januari 5, 2015 pukul 11:52 am

    Kalau Z diganti nama saya hilang donnnng….ada2 aja kayak kurang kerjaan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: