Yasir Alkaf

Movie – Football – Book – Daily Life

Kenapa Twitter Menjadi Begitu Diminati dan Populer

TWITTER begitu popular saat ini dan sedikit menggeser ‘pengguna senior’ fesbuk. Mau tidak mau hal itu memang diakui terjadi. Sepanjang pengamatan saya yang newbie di twitter ini, ada beberapa hal yang membuat twitter menjadi popular. Apa saja penyebabnya? Mari kita lihat satu persatu

Bosan dengan Facebook

Orang Indonesia itu bosenan. Dulu Friendster begitu popular, tapi kemudian orang mulai bosan dan beralih ke Facebook. Nah sekrang orang juga tampaknya sudah mulai bosan ke Facebook. Kemana mereka beralih? Ya ke twitter, masa balik lagi ke friendster. Silahkan baca riset saya tentang kenapa Facebook jadi membosankan.

Timeline lebih terkontrol

Konsep twitter adalah following dan follower. Jumlah following tidak sama dengan jumlah follower. Yang akan tampil di halaman timeline kita adalah yang kita follow [following]. Kita tidak wajib memfollow follower kita. Follow hanya orang-orang yang memang kita ingin.Nah di sini bagusnya twitter disbanding facebook. Di facebook karena prinsipnya teman jadi apapun yang dia update ya akan kita baca, se-alay apapun dia. Dengan demikian apa yang tertampill di timeline adalah yang benar-benar kita mau. Kalau ada teman yang maksa minta di follow padahal kita males ya bilang aja ‘iya aku follow, tp ntaran ya’.

Bisa ngobrol dengan seleb dan tokoh

Dari artis-artis macam Gita Gutawa atau yang agak tuaan Tora Sudiro, tokoh-tokoh Indonesia macam Ulil Abshar, Boediono, Tifatul Sembiring, penulis macam Raditya Dika, Dewi Lestari dan lain-lain mereka punya akun Twitter. Begitu juga seleb dan tokoh manca. Seninya di twitter adalah bagaiman tweet-tweet kita bisa dibalas mereka. Kalau bisa dibalas saya yakin senangnya bukan main *pengalaman pribadi*. Tak jarang malah bisa berkelanjutan obrolan tweetnya. Ini yang saya kira juga membuat orang-orang tertarik pada Twitter

Lifestyle

Orang Indonesia itu gayanya minta ampun. Nah sekarang lagi demam-demamnya Blackberry [BB]. Ini juga yang membuat Twitter menjadi popular. Entah darimana ada pemikiran yang menyebutkan Twitteran itu harus pake BB. Kebetulan say abaca sendiri di salah satu tweet tokoh yang saya follow. Karena BB banyak yang beli akhirnya ya twitter ikut-ikutan popular. Dan menjadi kebanggaan tersendiri kalau saya lihat seandainya kita nge-tweet dan ci bawahnya ada tulisan –via Uber Twitter-

Banyak Tweet-tweet menarik

Kalau di Facebook 90% isi status adalah curhat dan tulisan tidak penting *which is both of them spam* di Twitter kita bisa mendapat jauh lebih dari itu. Ada tweet real life macam @OhJustLikeMe atau @FaktanyaAdalah yang bikin kita tersenyum dengan tweet-tweet yang aku banget, gombalan-gombalan gokil di @AnjingGombal atau @AjakanMaut, link-link berita semacam @detikcom atau @vivanewsgroup, juga yang tak kalah banyak quote-quote sebagai pencerahan bagi kita. Semua dapat kita peroleh di Twitter.

Tantangan untuk mendapat banyak Follower

Karena tidak ada kewajiban bagi untukmemfollow balik kita meskipun kita follow seseorang, ada tantang tersendiri bagi kita untuk ‘bermain’ Twitter yaitu bagaimana kita bisa mendapat followers yang banyak. Akan jauh lebih sempurna jika kita sedikit follow tapi follower kita berratus-ratus bahkan ribuan. Nah ini yang belum bisa saya lakukan. Follower saya baru 70 orang. Itupun naik turun tidak stabil.

Banyak kuis

Sepengetahuan saya, amat jarang kuis berhadiah di Facebook. Nah di Twitter entah mengapa banyak yang bagi-bagi hadiah. Tifatul Sembiring cukup rajin bagi hadiah kepada followernya. Juga yang agak baru ada Vaseline sama dulu ada cocacola juga. Yah mereka berpromosi kita dapat hadiah hanya dengan ngetweet. Tidak rugi-rugi amat saya kira.

__________

Menurut saya itulah penyebab kenapa Twitter begitu popular. Ada pendapat lain? Btw follow Twitter saya ya di http://twitter.com/yasiralkaf

5 responses to “Kenapa Twitter Menjadi Begitu Diminati dan Populer

  1. rusabawean April 9, 2010 pukul 12:42 am

    sekarang aq lebih sering buka twitter dari pada facebook
    🙂

  2. Pingback: Obrolan tentang Kampus Idaman « Yasir Alkaf

  3. handikas Juni 7, 2010 pukul 3:19 pm

    Ohh jadi gitu ya, baru tau aku, trims buat infonya :).

  4. darient Juni 20, 2010 pukul 1:20 am

    memang begitu,klw pnya bnyk follower tuh senang bgt,gk mcm fb,teman rtusan mah gk penting itu pun juga mreka update status gk pnting tpi kalau d twitter tuh berita2nya lebih berbobot gitu plus teman sama artis lgi,

  5. Pingback: Obrolan tentang Kampus Idaman | Obrolan Sore

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: