Yasir Alkaf

Movie – Football – Book – Daily Life

Clash of the Titans: Peperangan Tuhan vs Tuhan vs Manusia

IDE cerita film ini menurut saya sangat menarik. Adalah 3 saudara, Zeus, Hades dan Poseidon yang berkomplot untuk membunuh ayahnya agar bisa menguasai alam semesta. Akhirnya diciptakanlah makhluk bernama Kraken, makhluk syuuper *harap dibaca pake gaya Mario Teguh* sakti madragateguna, untuk membunuh orang tuanya. Orang tua mereka terbunuh dan mereka bertiga mejadi penguasa alam semesta. Zeus menguasai surga sekaligus sebagai dewa segala dewa, Poseidon menguasai lautan sementara Hades menguasai neraka. Untuk menunjang agar mereka hidup kekal Zeus menciptakan manusia. Dengan penyembahan dan doa-doa para manusialah para dewa dan keturunannya bisa kekal.

Sayangnya lama-lama manusia bosan. Mereka berdoa tiap waktu, membangun kuil-kuil untuk mereka para dewa tapi apa yang mereka dapat? Kesusahan selalu saja melanda mereka. Manusia Cuma harus bersyukur karena dewa memberikan mereka hidup tanpa ada kesenangan abadi yang bisa mereka dapat. Timbullah keinginan dari para manusia untuk menggulingkan dewa-dewa dan merekalah yang menjadi tuhan atas diri mereka sendiri, bukan entitas yang lain

Adalah bangsa Argos yang memiliki misi mengalahkan dewa tersebut. Dengan menghancurkan kuil-kuil Zeus mereka menantang para dewa yang bermukim di gunung Olympia untuk berperang. Hades yang memiliki misi ganda mengambil keuntungan dari peristiwa itu. Dia meminta izin kepada Zeus untuk melepas Kraken agar bangasa Argos sadar pada kedudukannya. Kraken akan jadi peringatan bagi para manusia dan mau berdoa serta menyembah lagi pada mereka. Dengan demikian mereka para dewa bisa tetap kekal.

Namun di sisi lain, dengan melepas Kraken, Hades juga punya ambisi merebut tahta Zeus. Ketika Kraken membunuh manusia mka justru ia jadi makin kuat sementara Zeus melemah. Hades hidup dari kematian manusia karena dia penguasa neraka sementara Zeus jadi melemah karena tidak mendapat supply doa dari manusia. Sekalipun tidak mendapat doa Hades bisa eksis karena kematian manusia

Dengan dibantu Perseus, manusia setengah dewa keturunan Zeus yang memiliki dendam kepada Hades karena membunuh nelayan yang mengasuhnya sejak kecil dan dianggap sebagai orang tuanya, sekelompok pasukan Argos meninggalkan negeri mereka untuk membunuh Hades dan Kraken. Tentu saja berbagai macam halangan menyertai perjalanan mereka sampai akhirnya Kraken benar-benar lepas dan menyerang bangsa Argos.

Ide cerita ini seperti yang saya bilang di awal cukup nakal. Ada usaha dari Hades untuk mengkudeta Zeus dengan berbagai intrik dan tipudayanya, juga ada cerita tentang manusia yang muak pada tuhannya dan mengajak mereka berperang. Konsep mitologi dicerita ini, yang diambil dari Yunani, sangat unik tapi lemah. Manusia adalah cipataan tuhan, dalam hal ini dewa Zeus. Akan tetapi dewa malah jadi bergantung pada ciptaannya itu agar tetap kekal. Dewa butuh manusia dan manusia juga butuh dewa.

Manusia tinggal di bumi begitu juga para dewa, bahkan mereka memiliki kerajaan di gunung Olympus. Jadi kalau mau nyerang dewa ya serang saja gunung Olympus. Hanya saja kelebihan dewa adalah mereka lebih superior dari manusia karena mempunya kekuatan mistis ilahiah sementara manusia hanya punya kekuatan fisik saja. Itulah mengapa walaupun ingin memberontak manusia mengalami kesulitan yang liuar biasa dan tidak mungkin bisa berhasil memberontak. Kecuali ada konspirasi dengan dewa lain macam Hades baru pemberontakan itu bisa dimungkinkan.

Rasanya pengin senyum melihat konsep mitologi itu. Apalagi Zeus yang dewanya dewa ketika pengin punya anak dari manusia ya berhubungan seksual dengan manusia. Lucu juga, karena kalau seperti itu dimana letak kedewaan dia juga yang mempunyai nafsu terhadap ciptaanya itu. Juga kalo manusia ciptaan dewa untuk memusnahkannya kenapa harus oleh Kraken tidak oleh dia sendiri. Tapi ya terserahlah itu kan konsep mitologi atau boleh dibilang juga sebagai agama di masa lalu yang sudah tidak ada pengikutnya lagi.

Film berdurasi 118 menit ini menurut saya cukup bagus dengan idenya yang nakal itu. Actionnya juga cukup powerful. Setelah Avatar praktis belum ada film yang mengisi slot film action full special effect *Percy Jackson agak kekanak-kanakan brader*. Clash of the Titan inilah pengisi slot itu *kebetulan actor utamanya sama, Sam Worthington*. Hanya saja kalau Avatar mengumbar keindahan Pandora yang spektakuler itu, Clash of the Titan menampilkan gambar yang lebih suram. Karena musuh utama adalah Hades sang penguasa neraka maka mengatasinya pun dengan kegelapan juga. Itulah kenapa film ini begitu suram.

Kalau kekurangan film ini yang saya lihat hanya satu, yaitu di endingnya. Endingnya agak tidak sesuai harapan saya. Hampir sama seperti Knowing ya embuh darimana mendadak ada alien malaikat yang menyelamatkan manusia dari kiamat *ending lucu dan aneh dari film yang sepanjang cerita sangat bagus*. Kekurangannya seperti apa ya silahkan lihat sendiri di bioskop atau donlot DVD-nya bagi yang tidak suka nonton di bioskop.

Sebagai pengisi libur akhir pekan film ini sangat direkomendasikan. Daripada termehek-mehek nonton My Name is Khan *kata orang2 siy ini film mewek abis, saya sendiri male snonton* lebih baik nonton film ini saja.

Nb: setahu saya anak Zeus yang setengah dewa setetngah manusia cuma Hercules, tetapi ternyata ada yang lain yaitu si Perseus ini. Dan setelah saya wikiwalking tentang Zeus ternyata Zeus penganut poligami akut, istrinya ada 43 orang/dewi *hahaha, nokomeng gan*

Iklan

One response to “Clash of the Titans: Peperangan Tuhan vs Tuhan vs Manusia

  1. Pingback: The A-Team: Penuh Ledakan tapi Kocak « Yasir Alkaf

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: