Yasir Alkaf

Movie – Football – Book – Daily Life

[Info Umum] Cara Mendaftar/Mengurus Wisuda UII

GARA-GARA ribet mengurus pendaftaran wisuda, saya jadi ingin membagi pengetahuan mengurus wisuda UII. Mengurus wisuda memang lumayan ribet karena melibatkan banyak unsur akademik. Kita akan berhadapan dengan rektorat, jurusan, perpustakan juga bagian pengajaran dan nilai. Biasanya berdasarkan pengalaman, kita akan bingung apa yang harus pertama dilakukan. Solusinya adalah bertanya pada kawan yang sudah wisuda. Namun kalau kebanyakan bertanya justru malah akan memalukan. Oleh karena itu disini akan saya tunjukan bagaiman mendaftar wisuda di kampus Universitas Islam Indonesia [UII]. Kenapa UII ya karena saya mahasiswa UII.

Pertama kali ada beberapa yang perlu disiapkan yaitu:

  1. Uang untuk pendaftaran wisuda dan bebas perpustakan
  2. 3 lembar foto berwarna ukuran 2 x 3 cm
  3. 2 CD kosong [dan wadahnya]
  4. Copy-an lembar pengesahan penguji
  5. Copy sertifikat TOEFL

Setelah perlengkapan sudah ada selankutnya berikut urutan yang harus kita lakukan saat akan mendaftar wisuda:

  1. Perhatikan tanggal pendaftaran wisuda, terutama batas akhir pendaftaran. Akan menjadi tidak lucu kalau sudah mempersiapkan segala macam administrasi tapi ternyata sudah lewat tanggal.
  2. Selesaikan revisi laporan. Untuk yang mendapat periode wisuda di bulan ketika masih revisi segera dikebut revisinya. Jangan lupa bikin target kapan selesai

    revisi. Semisal batas akhir pendaftaran tanggal 15 maka usahakan tanggal 10 sudah beres revisinya. 5 hari sisa untuk mengurus admnistrasi wisuda. Percayalah, untuk mengurus administrasi tidak akan cukup waktu satu hari.

  3. Setelah selesai revisi, segera meminta tanda tangan pengesahan dari penguji pendadaran kita dan acc Kepala Jurusan di Lembar Pengesahan. Untuk tanda tangan kepala jurusan tergantung masing-masing jurusan. Tapi untuk bpk Yudi Prayudi, Kajur Informatika, harus sudah dalam bentuk jilidan. Lembar pengesahan dibuat minimal 5 rangkap. Tiga untuk ikut dijilidkan di laporan, satu sebagai syarat bebas perpustakaan fakultas dan satu sebagai syarat pendaftaran wisuda.
  4. Cetak dan jilid laporan skripsi minimal 3 rangkap, masing-masing untuk Perpustakaan, dosen pembimbing dan untuk koleksi pribadi. Setelah dijilid mintakan Lembar Pengesahan stempel di Bagian Administrasi Fakultas.
  5. Burn laporan skripsi ke dalam CD dalam format pdf sebanyak 2 kopian. Untuk skripsi jurusan Teknik Informatika yang membuat aplikasi sertakan juga File Setup dan Read Me aplikasi.
  6. Urus bebas Perpustakaan Universitas. Caranya sangat mudah. Beli buku seharga minimal Rp 25.000. Sampul buku jangan dilepas dan nota juga jangan sampai hilang. Bawa buku dan notanya ke perpus dan nanti kita akan mendapat surat tanda bebas Perpustakaan Universitas. Nanti kartu buku pinjaman kalian akan disobek dihadapan kalian. Bagi yang sering ke perpustakaan seperti saya rasanya sungguh amat mengharukan. Agak gimana gitu melihat kartu buku pinjaman disobek dan kita sudah tidak dapat pinjam buku lagi.
  7. Urus bebas Perpustakaan Fakultas. Caranya pertama kita bayar sumbangan buku Rp 25.000 di bank yang ada di Rektorat. Setelah itu bawa slip pembayaran, lembar pengesahan penguji, CD laporan serta laporan yang sudah dijiid-ditandangani-dan-distempel-bagian-administrasi ke Perpustakaan. Nantinya kelengkapan CD akan diperiksa, begitu juga peminjaman serta denda. Setelah diperiksa dan tidak ada kekurangan nanti kalian akan diminta menandatangani dan mendapat 3 surat [bebas perpus, penerimaaan laporan dan penerimaan CD].
  8. Kumpulkan CD laporan yang satunya ke ruang Jurusan kita masing-masing. Nanti surat tanda penerimaan CD dari perpustakaan akan ditandatangni lagi oleh perwakilan jurusan.

  9. Menuju ke Bagian Pengajaran Fakultas untuk mendapat nilai TA dan di-posting sebagai peserta wisuda dengan membawa Lembar Pengesahan Penguji, Surat Bebas Perpustakan Fakultas dan Universitas. Nanti kita akan mendapat Lembar Nilai TA dan diposting sebagai peserta wisuda. Setelah pendadaran sebenarnya nilai sudah ada akan tetapi masih belum dimasukan ke sistem (UNISYS). Nilai belum dimasukkan karena bisa saja mahasiswa tidak menyelesaikan revisi (maksimal 2 bulan).
  10. Bawa Lembar Nilai TA ke Bagian Nilai untuk dimasukan ke sistem. Bagi kalian yang SKS-nya berlebih dan ingin dikurangi agar IPK bisa naik bisa diurus sekalian disini. Namun perlu dicatat dan pertimbangkan dengan yakin mata kuliah apa saja yang mau dihapus dan seberapa signifikan dengan kenaikan IPK. Di sini judul laporan kita, baik dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, akan dimasukkan ke sistem dan tercetak di ijazah. Bagi yang kesulitan Bahasa Inggris segera minta bantuan kawan untuk men-translate-kan agar jangan sampai judul Bahasa Inggris laporan kita salah.

  11. Setelah 10 langkah di atas sekarang anda sudah bisa mendaftar wisuda dan segeralah menuju rektorat di Kompleks Kampus Pusat UII Jl Kalirang Km 14,4.

  12. Di bank yang ada di depan rektorat silahkan bayar biaya pendaftaran wisuda. Biaya yang harus dikeluarkan adalah Rp 335.000 dengan rincian Rp 275.000 untuk biaya wisuda, Rp 50.000 untuk ijzah dan tanda kelulusan serta Rp 10.000 untuk iuran alumni.
  13. Setelah bayar langsung menuju loket pendaftaran wisuda di bagian belakang rekorat. Kalau saya tidak salah ingat di loket 11. Di sini kalian harus mengisi formula pendaftaran wisuda dengan melampirkan Lembar Pengesahan Penguj, Sertifikat TOEFL, surat tanda bebas Perpus Fakultas dan Universitas serta foto 2 x 3 cm sebanyak 3 lembar.
  14. Setelah formulir selesai diisi maka kalian akan mendapat jatah nomor tanda wisuda dan akan mendapat Surat Peminjaman Toga.
  15. Setelah selesai mendaftar langsung menuju ke bagian barat Rektorat untuk mengambil toga dengan membawa Surat Peminjaman Toga yang barusan kita peroleh. Silahkan pilih toga dan topinya yang sesuai ukuran tubuh anda.
  16. Setelah kita mendapat toga maka yang perlu kita lakukan adalah… pulang. Ya karena proses pendaftaran sudah selesai. Hanya saja perlu di perhatikan waktu pengambilan undangan dan gladi bersih wisuda. Pengumuman itu bisa dilihat di fakultas masing-masing juga di rektorat. Basanya waktunya sekitar sehari sebelum wisuda.

Kurang lebih seperti itulah urutan proses pendaftaran wisuda. Setelah wisuda jangan lupa toga dikembalikan dan segera ambil Ijazah.

Semoga berguna

Iklan

3 responses to “[Info Umum] Cara Mendaftar/Mengurus Wisuda UII

  1. bay Januari 15, 2010 pukul 7:49 pm

    “Pengumuman itu bisa dilihat di fakultas masing-masing juga di rektorat. Basanya waktunya sekitar sehari sebelum wisuda. ”

    ngapain liat pengumuman lagi, minta aja lembar pengumumannya sama loket 11, jadi gak perlu bolak-balik kampus lagi, #BOSAN

  2. Yasir Alkaf Januari 17, 2010 pukul 11:09 am

    bay :
    ngapain liat pengumuman lagi, minta aja lembar pengumumannya sama loket 11, jadi gak perlu bolak-balik kampus lagi, #BOSAN

    bisa2, minta di loket juga bisa.. cuma mubazir juga minta di loket klo cuma buat diliat tangalnya aja

  3. akhy Januari 31, 2010 pukul 7:09 pm

    wah, yang udah S.Kom, disimpan dulu buar persiapan masa depan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: