Yasir Alkaf

Movie – Football – Book – Daily Life

Berbagi Cerita Tentang Progress Report TA

SELASA [17/11/2009] ini saya mendapat jatah untuk melaksanakan progress TA. Harusnya berdasarkan jadwal yang sebenarnya saya haru progress bulan kemarin, tapi karena waktu itu belum pede untuk maju disamping kebetulan juga pas hari itu harus ke Serang untuk mengikuti perpisahan ayah yang dimutasi ke Jogja jadi progress saya terpaksa mundur satu bulan. Mundur satu bulanpun ternyata program saya masih belum beres. Kalau dipersentasekan kuranglebih baru 70% jadi. Mau ngejar akhir november beres entah bisa atau tidak. Tapi sedang saya usahakan sebagaimana mungkin untuk selesai akhir bulan ini.

Kembali ke progress tidak ada yang istimewa sebenarnya. Progress yang berlangsung di ruang 4.12 itu berjalan lancar tanpa halangan satupun kecuali resolusi viewer yang herus diperkecil sehingga gambar tidak maksimal. Yang lain no problem. Ada satu lagi sih sebenarnya. Si bapak dosen pengawas yang kebetulan dosen web [lebih tepatnya Pemrograman XML] bertanya koq program saya tidak dibuat berbasis web. Kalau berbasis web kan jadi jauh lebih fungsional dan user tidak perlu direpotkan dengan instalasi. Saya memang membuat program ini menggunakan Visual Basic, jadi basisnya desktop. Ngeles sana ngeles sini, akhirnya si bapak bisa menerima juga jawaban saya. Senjata andalan saya, saya bilang sasaran program ini dealer mobil pak. Jadi ketika ada calon pembeli datang untuk berkonsultasi kira-kira mobil apa yang sesuai kriteria dia maka sang petugas [CS atau apalah] yang mengoperasionalkan program ini dan memberi rekomendasi pada calon pembeli. Jadi pembeli tidak perlu repot-repot harus menginstal program ini. Dikembalikan ke judul laporan lah. Kurang lebih seperti itu.

Oia saya belum ceita tentang aplikasi yang saya buat ya? Malah lupa. Jadi untuk TA ini saya membuat sebuah aplikasi sistem pendukung keputusan untuk mencari rekomendasi mobil terbaik menggunakan metode naïve Bayesian. Saya membangun aplikasi menggunakan Visual Basic dengan basisdata menggunakan Access. Kenapa saya menggunakan itu karena dulu pas Kerja Praktek juga menggunakan itu jadi sedikit-sedikit sudah agak paham. Judul lengkapnya TA saya: Sistem Pendukung Keputusan Rekomendasi Pembelian Mobil Menggunakan Metode Naïve Bayesian Classification. Sengaja saya memilih membuat SPK agar terlhat keren aja. Kalau sekedar sistem informasi sepertinya koq di daftar wisuda dan ijazah nanti sepertinya agak kurang keren ya, apalagi kalau penelitian [oops, hehehe]. Itulah mengapa saya memilih SPK. Lagipula embel-embel metode dibelakang judul kan kelihatannya mentereng banget. Padahal aslinya metode itu cukup gampang karena hanya tinggal mengalikan variabel-variabel saja. Cukup mentereng-lah saya kira, walaupun tidak sekeren punya si Bay Kun. Ampun deh si ex ass-lab sekaligus bendum Profesi itu. TA-nya luar biasa keren. Iri saya melihatnya. Hahaha

Oia si Baykun itu juga tiba tiba muncul di ruangan saya progress tidak sampai lima menit setelah saya selesai presentasi. Hahaha. Entah apa maksudnya dia datang. Mau balas budi kali kemarin saya datang di progress dia. Hahaha, sayang sedikit terlambat brader. Kalau di urutan presentator harusnya saya memang di urutan agak akhir. Tapi karena presentator yang lain juga pada datang agak telat jadinya malah saya dapat giliran urutan nomor dua. Lumayanlah bisa cepat selesai sambil melihat presentasi-presentasi yang lain. Saya juga tidak buru-buru pulang setelah presentasi karena ingin nostalgia menempati ruangan kuliah di FTI. Berhubung sudah tutup teori jadi saya sudah tidak kuliah lagi. Kangen juga saya dengan suasana kelas. Kalaupun ke kampus paling mentok saya hanya sampai di lantai 2 tempat jurusan informatika berada untuk bimbingan TA. Kalau tidak ke situ ya ke kantor Profesi. Jadi mumpung lagi di ruang kuliah jadi pengin berlama-lama di situ.

Ada berkahnya juga berlama-lama di ruangan. Ngobrol sama Mecca, salah seorang kawan, eh malah diajak nonton 2012 besok. Bareng anak-anak Gardu Studio saya diajak nonton dan nanti biar dia yang antri. Hahaha. Tawaran yang bagus karena kebetulan saya belum nonton jadi hayuk-hayuk saja saya. 😀

Oke demikian saja cerita progress TA saya. Waktunya lembur lagi menyelesaikan itu program. Error terbesar yang sedang saya alami adalah bagaimana menyimpan dan memuat gambar menggunakan VB dari Ms Access. Dari kemarin-kemarin sampai sekarang belum berhasil juga. Padahal saya sudah mencoba dari banyak tutorial. Selain itu satu masalah lagi penghitung rekomendasi juga belum sempurna saat akan menghitung untuk kali kedua. Atribut mobilnya tidak ikut tersimpan, padahal hitungannya jalan. Yah doakan saja semoga bisa selesai tepat waktu. Err, ini saya sertakan print screen halaman Home plus Halaman Penghitung Rekomendasi aplikasi sebagai bonus tulisan ini. Hehehe.

7 responses to “Berbagi Cerita Tentang Progress Report TA

  1. bay November 18, 2009 pukul 7:14 pm

    tugas akhir anda juga keren, judulnya saja [bagian metode] saya sudah tak mengerti

  2. gurindang November 23, 2009 pukul 9:36 pm

    judul saya lebih keren

  3. Yasir Alkaf November 25, 2009 pukul 12:19 am

    wahaha, iya iya punya mba gurindang jauh lebih ngeri..
    *lama ga ngeblog ni jeng?

  4. Pingback: Berbagi Cerita Tentang Pendadaran « Yasir Alkaf

  5. Wawan ajah Januari 5, 2013 pukul 12:37 pm

    Gan, Skripsiny yg udah final ga di upload,,
    sebagai bahan referensi

  6. rio Maret 31, 2013 pukul 8:24 pm

    gan skripsinya di upload dong buat gambaran aja nih ttg naive bayes…thx

  7. Mefa Zauprisa II Januari 20, 2014 pukul 10:56 pm

    tolong dong di upload .. buat referensi

Tinggalkan Balasan

