Yasir Alkaf

Movie – Football – Book – Daily Life

Narablog, Padanan Kata Blogger dalam Bahasa Indonesia

PADA awalnya saya merasa asing dengan kata ini. Narablog, ya narablog. Saya menjumpai kosakata baru ini di salah satu artikel Majalah Tempo edisi 20-26 Juli 2009 berjudul ‘Blog dalam Genggaman’ [versi online dapat dibaca di sini]. Di kalimat awal paragraf pertama artikel tersebut tertulis seperti ini: “…Tanpa perlu waktu atau tempat khusus narablog (blogger)berbasis wordpress.com ini leluasa…“.

Karena saya masih sangat asing, dan Tempo sendiri juga sepertinya masih dalam tahap mensosialisasikan kosakata itu dengan tetap memasukan kata blogger di dalam tanda kurung setelah kata narablog, maka saya langsung googling kata narablog itu. Ternyata kosakata itu diprakarsai oleh Enda Nasution, bapak Blogger Indonesia, belum lama ini. Ide itu konon berasal dari kata nara yang menurut KBBI memang berarti orang dan kata blog itu sendiri. Jadi narablog kurang lebih adalah orang yang mengelola blog. Tapi usul itu belum fix dan apalagi masuk KBBI. Bahkan kosakata blog juga belum masuk ke KBBI. Itulan mengapa muncul usulan memasukan blog dan narablog dalam edisi revisi KBBI jilid IV atau malah tambahan baru di KBBI jilid V.

Memang rasanya agak aneh buat kita yang terbiasa menggunakan blogger kemudian diganti menjadi narablog. Sama seperti kita yang lebih terbiasa menggunakan download dan upload daripada unduh dan unggah juga mouse dengan tetikus. Namun saya sendiri sepakat kalau perlu dicarikan padanan kata dari narablog. Biar bagaimanapun Bahasa Indonesia kan juga harus memiliki identitas sendiri, tidak sekedar menyadur atau mengindonesiakan kata-kata asing. Lagipula yang tak kalah penting blogger juga sekarang sudah menjadi merek salah satu penyedia blog gratisan, jadi perlu ada kata yang tidak menjurus ke merk tertentu itu. Dan narablog saya kira saya sepakat menjadi padanan kata dari blogger itu. Masalah nanti dipakai atau tidak saya kira itu terserah para penggunanya seperti halnya kata download dkk.

7 responses to “Narablog, Padanan Kata Blogger dalam Bahasa Indonesia

  1. Bernardia Vitri Juli 30, 2009 pukul 4:25 pm

    oke deh, mulai sekarang, dipake deh narablog itu sama yang punya blog:
    http://v3bernardia.wordpress.com
    thankz infona!

  2. ~noe~ Juli 30, 2009 pukul 6:03 pm

    teliti juga ternyata dirimu.
    kadang2 diriku juga risih jika ingin mengetikkan blogger karena terkait merk dagang.
    narablog mungkin lebih indonesia. tetapi kekonsistenan berbahasa dalam masyarakat lebih menentukan dibandingkan dengan aturan tentang bahasa indonesia sendiri.
    aku melihat google translator lebih indonesia daripada tulisan blogger eh narablog sendiri. meskipun dengan grammar yang masih kacau, tetapi penggunakan kosa katanya sangat indonesia🙂

  3. Yasir Alkaf Juli 30, 2009 pukul 8:43 pm

    :noe
    ya itu tadi, soalnya ketika diindonesiakan jadi aneh jadi akhirnya dk dipakai oleh orang kebanyakan. contohnya yg sangat populer ya download yg lebih populer drpd unduh.
    tapi biar bagaimanpun memang perlu dibuat bbrp kosakata yg indonesia.mslh dipakai atau idak iu pilihan pengguna, apakah dia mau kelihatan british atau indonesia
    ^_^

  4. guskar Juli 31, 2009 pukul 9:04 pm

    mengindonesiakan istilah blogger sempat jd diskusi cukup panjang di kopdar narablog karawang bbrp waktu lalu.
    sip… istilah ini saya simpan

  5. Pingback: Istilah-Istilah Blogging Dalam Bahasa Indonesia | Bloggingly | semua tentang blog. dari tips ngeblog (blogging), hingga budaya ngeblog (blogging culture)

  6. bondan Agustus 31, 2009 pukul 1:01 am

    Nice Blog. Don’t forget visit us and I hope we become good friends

  7. noorita Desember 12, 2011 pukul 2:50 pm

    huuuuuuuuuuuuuuuuh………………….
    dasar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: