Yasir Alkaf

Movie – Football – Book – Daily Life

Diskusi Politik di Politikana.com

politikanaAKHIR-AKHIR ini bertambah satu lagi web yang rutin saya kunjungi yaitu politikana.com. Web ini walaupun masih seumur jagung [baru resmi dilaunching 27 April 2009] namun sudah mempunyai banyak anggota. Bahkan Fadjorel Rachman si capres independen yang gagal maju di Pilpres kemarin juga menjadi penulis tamu di web ini. Kebanyakan anggota web ini adalah para blogger, termasuk para blogger senior maupun blogger newbie macam saya. Satu hal yang saya kira membuat web ini cepat naik daun dan diminati para blogger adalah karena web ini diprakarsai oleh Enda Nasution, sang bapak blogger Indonesia. Beberapa anggota di web ini bahkan menyebut Enda sebagai Presiden Republik Politikana :D.

Awal mula bagaimana web ini terbentuk saya kurang paham. Biarlah ini menjadi urusan para blogger senior :D. Namun web ini saya akui sangat menarik karena disini kita bebas untuk mengaplod artikel atau opini kita tentang politik, memberi komentar serta yang paling menarik yaitu memberikan rating dari suatu tulisan. Kita bisa memberikan rating tulisan itu bagus, biasa, menarik, inspiratif, copy paste, gak mutu, atau bahkan mbosenin. Kita juga bisa memantau komentar-komentar dari sebuah tulisan dengan fasilitas ‘Pantau’. Jadi para pengguna bisa benar-benar berinteraksi secara dinamis di sini. Hal itu sesuai dengan tagline web ini yaitu ‘Politikana – Diskusi 2.0 Politik, Pemilu Indonesia’.

Sejauh ini setelah saya menjadi anggota di web itu saya merasa menemukan sebuah ruang baru untuk belajar politik. Artikel atau opini yang disampaikan sangat variatif. Banyaknya anggota juga membuat web ini tidak terkesan memihak ke aliran politik tertentu. Kalaupun ada anggota yang membuat opini memihak ke salah satu pihak dalam Pilpres kemarin misalnya itu sangat wajar. Hal itu diimbangi akan anggota lain yang memihak pihak lain dan mungkin juga netral serta oleh para penulis tamu macam Fadjroel Rachman itu. Jadinya banyak ilmu baru yang bisa diraih berdasarkan pandangan yang beragam dari banyak kepala. Itu yang saya rasakan di politikana.com.

Fokus ke bidang politik juga menurut saya membuat web ini menjadi menarik. Sepertinya memang belum ada web komunitas di Indonesia yang menfokuskan diri di Politik seperti politikana.com. Web ini tidak menggunakan konsep aggregator seperti web komunitas blogger biasa. Sangat wajar karena biasanya memang sebuah blog tidak memfokuskan diri membahas tema tertentu. Saiapun juga demikian. Di politikana.com anggota mem-post ulang tulisan yang mungkin sudah di publish di blognya [atau mungkin yang dibuat khusus untuk dipublish di sini] tapi harus yang tentang politik. Sebelum diposting pilih dulu kategori yang diinginkan. Saat ini kategori yang tersedia yaitu Nasional, Daerah, Media Watch, Pemilu 09 dan OOT. Sementara yang paling laris adalah Pemilu 09 karena suasana politik Indonesia saat ini memang sedang hangat-hangatnya membahas Pemilu.

Setelah tulisan di upload tulisan akan muncul di halaman home. Tunggu beberapa saat dan tulisan anda akan dikomentari dan di rate oleh anggota yang lain. Jangan kecewa kalau tulisan anda di kasih rating biasa atau tidak menarik atau bahkan mbosenin. Tulisan saya juga ada yang di rate tidak menarik. Tidak masalah saya kira karena yang penting kita bisa belajar. Apabila ternyata tulisan kita sangat popular maka tulisan kita akan menjadi headline di politikana.com dan akan di publish di fans page facebook dan twitter politikana. Dijamin tulisan yang sudah popular akan semakin populer. Sampai saat ini tulisan saya belum pernah masuk headline. Sekarang mungkin belum tapi kelak siapa tahu 😀

Silahkan daftar sendiri dan buktikan apa yang saya tulis disini. Dengan adanya politikana.com ini sekarang web tujuan saya saat berinternet ria bertambah satu. Sebelumnya kalau sedang berinternet web yang wajib saya kunjungi adalah facebook.com untuk menjalin pertemanan dan berkomen-komen tak penting,  detik.com dan okezone.com unuk baca-baca berita serta kaskus.us di kanal the lounge untuk refreshing baca-baca tulisan lucu. Tak lupa juga menjejahi blog-blog yang bertebaran di dunia maya. Nah sekarang tambah satu lagi web yang wajid dikunjungi yaitu politikana.com untuk baca-baca artikel politik rakyat. Tadinya saia juga cukup rajin mengecek botd [blog of the day] wordpress untuk mencari dan membaca tulisan-tulisan menarik, namun lama-lama jadi enggan. Botd wordpress sekarang dipenuhi tulisan-tulisan kopipes dari portal berita. Kalau sudah ada di portal berita atau juga sudah banyak muncul di berita-berita televise buat apa di publish ulang di blog. Botd sekarang jadi dipenuhi blog-blog yang mengejar traffic pengunjung. Ini yang membuat saya jadi jarang mengunjungi botd wordpress lagi.

One response to “Diskusi Politik di Politikana.com

Tinggalkan Balasan

