Yasir Alkaf

Movie – Football – Book – Daily Life

Propaganda Anti-Ahmadinejad ala BBC

MEDIA sepertinya memang tak akan pernah lepas dari yang namanya konflik kepentingan. BBC [British Broadcasting Coorporation], membuktikan hal itu. Konon, BBC memanipulasi sedemikian rupa foto pendukung Ahmadinejad menjadi seolah foto pro-Mousavi, lawan politik Ahmadinejad. Sebelum kita bahas lebih lanjut ada baiknya dilhat dulu bagaimana manipulasi foto itu. Informasi ini saia dapat dari salah satu thread kaskus yang mengutip dari website ini.

Foto yang atas adalah foto dari LA Times, sementara foto bawah merupakan foto dari BBC yang konon merupakan hasil manipulasi. Secara kasat mata harus diakui memang dua foto itu Nampak serupa. Foto versi BBC nampak seperti versi zoom in dari foto LA Times. Kalaupun itu bukan zoom in dari foto yang sama, bisa juga merupakan foto peristiwa serupa dari sudut pandang yang berbeda. Gedung berbentuk tabung itu dan kerumunan massa yang Nampak serupa menjadi kunci dari kesan bahwa foto ini sebenarnya adalah satu foto, atau paling tidak dari satu peristiwa yang sama.

Menjadi sebuah masalah yang sangat serius karena BBC meletakan foto itu dengan caption foto itu adalah foto protes dari para pendukung Hossein Mousavi. Seperti ini caption foto versi mereka: ‘Supporters of Mir Hossein Mousavi again defied a ban of protest‘. Padahal foto itu aslinya adalah foto pendukung Ahmadinejad, buktinya di foto versi LA Times Nampak Ahmadinejad melambai kepada kerumunan massa. Sangat tidak mungkin Ahmadinejad melambaikan tangan kepada musuhnya kan?

Iran, Negara dengan trias politica Islam itu memang kemarin baru saja menggelar Pemilu Presiden. Pertarungan yang terjadi adalah antara Mahmoud Ahmadinejad dengan Mir Hossein Mousavi dan dimenangkan oleh Ahmadinejad. Hasil pemilu itu sendiri kabarnya menimbulkan elombang protes di sana-sini dan melahirkan kerusuhan di Iran sana. Ada indikasi asing mengintervensi pemilu Iran, Obama saja meminta hasil pemilu itu diselidiki padahal ini kan urusan rumah tanggaorang. Ahmadinejad sendiri seperti yang semua orang ketahui sangat tidak disukai Barat dan Amerika, sedangkan Mousavi sedikit lebih disukai oleh mereka. Akibatnya wajar jika barat tidak suka dengan kemenangan Ahmadinejadi ini. Sarkozy, presiden Perancis misalnya mengatakan hasil Pemilu Iran menipu. Untung Indonesia tetap menghargai apapun hasil pemilu Iran. Pemerintah RI sudah memberikan selamat kepada presiden terpilih.

BBC saia kira sangat keterlaluan jika mengalihkan foto yang sebenarnya foto pendukung Ahmadinejad menjadi seolah pendukung Mousavi. Reputasi BBC dipertaruhkan di sini. Kita tentu hanya bisa mengikuti berita tentang Iran dari media, bukan dari tempatnya langsung. Kalaupun berita itu dimanipulasi kita mana tahu. Foto itu misalnya mengesankan pendukung Mousavi begitu banyak padahal apakah sebenarnya seperti itu kan kita tidak tahu.

Terlepas dari siapa yang sebenarnya seharusnya menjadi Presiden Iran media tetap harus menempatkan diri di posisi netral. Tidak sepatutnya media memihak secara tersirat kepada salah satu pihak, apalagi yang dipihaki itu sebenarnya bukan urusan kita. BBC kantor berita Inggris, buat apa memihak ke Mousavi??

2 responses to “Propaganda Anti-Ahmadinejad ala BBC

  1. arifin Juli 9, 2009 pukul 6:34 am

    suara media memang tergantung pada siapa pemiliknya. BBC, sebuah media yang terkenal karena independensinya pun harus menyerah pada kepentingan pemilik dan kapital.

  2. Pingback: Evaluasi Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden 2009 « Yasir Alkaf

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: