Yasir Alkaf

Movie – Football – Book – Daily Life

Manfaatkan Blog UII

Civitas akademika UII [Universitas Islam Indonesia] baik itu staf atau mahasiswa sebenarnya diberi fasilitas blog oleh kampus. Untuk mahasiswa ada students.uii.ac.id sedangkan bagi dosen dan karyawan lain disediakan staff.uii.ac.id. Akan tetapi sayangnya fasilitas ini, terutama yang students.uii.ac.id, kurang Dini Aminarti diminati. Padahal saia kira fasilitas ini sangat bagus buat para blogger UII.Entah karena blogger UII memang sediit atau justru karena pihak universitas kurang melakukan sosialisasi, saia kurang paham. Namun sebagai bagian dari keluarga UII saia merasa berkewajiban turut mempromosikan blog UII.

Blog UII memang masih banyak kekurangan, yang diantara theme yang terbatas. Theme memang factor yang penting karena pasti para pengguna ingin halaman blognya tampak enak dipandang. Sepanjang pengetahuan saia theme-theme yang disediakan tidak ada yang bisa diedit header-nya. Padahal biasanya setelah punya akun dan selesai memilih theme biasanya para blogger akan mengganti header dengan header miliknya sendiri. Ini saia kira salah satu kelemahan blog UII disamping beberapa kekurangan lain.

Untungnya seperti yang terlihat di halaman home students.uii.ac.id sudah ada beberapa pengguna baru. Hanya saja karena saia jarang mengontrol saia kurang tahu apakah blog yang baru dibuat itu data baru atau data bulan lalu yang belum berubah sampai sekarang. Yang jelas hanya sekian dari beberapa blog saja yang benar-benar aktif. Di urutan teratas ada blog Baytiomo [kebetulan kawan saia] dan di nomor dua ada blog saia Yasir Alkaf.

Memang pasti timbul keengganan dari blogger UII untuk mengaktifkan blog UII ini karena mereka piker repot harus posting sana-sini. Padahal sebenarnya tidak seperti itu. Bagi blogger yang sudah punya blog lain manfaatkan saja fasilitas plug-in FeedWordpress yang sudah terintegrasi di blog UII. Sebagai bocoran saia dan Baytiomo si pemuncak klasemen itu sama-sama memanfaatkan FeedWordpress itu. Jadi kita tidak perlu memposting ulang. Cukup posting seperti biasa di blog kita yang lama dan otomatis di blog UII juga terposting. Ketika ada yang akan baca blog kita maka otomatis akan meluncur ke blog asli kita yang lama.

Hal ini legal koq karena dosen-dosen di staff.uii.ac.id pun melakukan hal seperti itu. Jadi tidak perlu khawatir boleh atau tidak hal itu dilakukan. Kekurangan feed ini Cuma satu. Tidak semua postingan blog kita akan tersindakasi ke blog UII. Blog saia misalnya hanya tersindikasi 17 tulisan saja padahal aslinya sudah lebih dari 50 tulisan. Akan tetapi saia kira itu tidak terlalu masalah. Yang penting kita tidak terlalu direpotkan dengan harus posting kesana-kemari. Langkah-langkahnya sangat mudah. Pertama jelas kita harus mengaktifkan blog UII kita dulu. Langkah pengaktifan atau pembuatan blog UII bisa dibaca disini.

Setelah blog kita jadi dan kita login ke dashboard blog kita, kita akan melihat menu plug in di sisi kanan atas. Silahkan di klik saja menu itu, cari feedwordpress dan aktifkan.

Setelah itu akan muncul menu Synidication di samping menu Design. Letaknya ada di sebelah kiri dashboard. Masukkan alamat RSS kita ada dan sudah begitu saja. Setelah itu kita set “Next Update” ke “update on schedule (every 60 minutes)”. Seting yang lain juga jangan lupa dirubah ke “update automatically”. Setelah itu otomatis postingan di blog kita otomatis akan terposting di blog UII kita. Cukup simple kan langkah-langkahnya.

Intinya dari posting saia kali ini adalah manfaatkanlah segala sesuatu yang sudah disediakan untuk kita. Universitas sudah menyediakan blog untuk kita, jadi kenapa tidak kita manfaatkan. Solusi bagi yang sebelumnya sudah punya blog ya aktifkan saja FeedWordpress di blog UII.

-Semoga Bermanfaat-

10 responses to “Manfaatkan Blog UII

  1. bay-kun April 22, 2009 pukul 2:37 pm

    i love this post…karena nama saya ditampilkan 2kali, dan di ada link menuju blogku langsung, terima kasih atas promosinya…

    info tambahan lagi, plugin feedwordpress juga biasa digunakan untuk membuat blog agreggator, hal ini akan di implementasikan juga pada blog.lpmprofesi.com tetapi db-nya selalu bermasalah, jadinya saya agak malas untuk membuatnya…

  2. wahyu kresna April 24, 2009 pukul 9:34 am

    aku juga kemaren nyoba, tapi kok piye yo? aku malah bingung…

  3. Yasir Alkaf April 24, 2009 pukul 1:54 pm

    iya, WP yg digunakan UII masih wp jadul. jadi harap maklum kalo belum terbiasa dan jadi ribet

  4. bay-kun April 24, 2009 pukul 3:29 pm

    di, peringkatmu sudah dikalahkan sama beben…
    hwakakakkkk….
    tapi rss-nya beben berantakan… 😀

  5. Yasir Alkaf April 24, 2009 pukul 6:06 pm

    hahaha
    iya,udah disalip aj aku nih
    untung rss dia berantakan kayak orangnya
    hahahaha

  6. benz April 25, 2009 pukul 9:56 am

    bwahahahah siapa yg ngatain saya berantakan mana orangnya mana mana grrrrr…..!!!

    iya tu kemaren mw nanya di sini, kenapa jadi gitu yak mas bendum and or pak PU tampilannya di WP itu? jadi berantakan gitu? jadi script2nya keluar smua ….. -__-“

  7. Yasir Alkaf April 25, 2009 pukul 12:14 pm

    gapapa ben, biarin kayak gitu aja. malah jadi nyeni…

  8. bay-kun April 25, 2009 pukul 1:25 pm

    iya ben, byar aje begitu, natural…
    beben punye gaye, heeee….

  9. benz April 26, 2009 pukul 11:48 am

    buehh… nyeni natural metemee’… (kaya umin)
    -___-”

    kasi tau donk donk gimana ntu solusinya mas…

  10. arifinfo Juni 15, 2010 pukul 6:31 am

    memang msh jrg y yg pk student.uii 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: