Yasir Alkaf

Movie – Football – Book – Daily Life

Aliran dan Pertunjukan Sulap [Magic]

Akhir-akhir ini magic a.k.a sulap dalam Bahasa Indonesia kembali berkibar di dunia pertelevisian Indonesia berkat adanya acara The Master di RCTI. Acara yang bertujuan mencari pesulap baru itu sudah menghabiskan dua sesi dimana Joe Sandy keluar sebagai pemenang dan Limbad sebagai pemenang di sesi 2. Selanjutnya Joe Sandy dan Limbad akan diadu untuk dicari siapa yang lebih baik besok tanggal 1 Mei 2009. Saia tidak terlalu mengikuti acara itu dari awal tetapi saia perhatikan sangat menarik sekali variasi tipe sulap yang dipertunjukan di The Master Session 2. Ada Limbad yang kata Deddy Corbuzier mengusung aliran Fakir Magic, Denny Darko yang mengandalkan kemampuan otak dan prediksi atau Romedhal yang bermain mengandalkan kecepatan tangan.

Seperti halnya yang disampaikan oleh para juri bahwa sulit untuk menentukan siapa yang pantas menang karena masing-masing peserta mengusung aliran yang berbeda. Ibarat lomba essay maka lomba itu tidak ditentukan temanya apa. Walhasil dimungkinkan yang sampai final adalah dua tipe yang berbeda yang sama-sama layak menang.

Gara-gara acara the Master itu saia menjadi tertarik untuk mencari tahu sebenarnya tipe atau aliran dalam sulap itu apa saja. Sekalipun dalam Bahasa Inggris sulap disebut Magic akan tetapi tidak ada unsure bantuan makhluk gaib dalam pertunjukan magic atau sulap. Dulu sempat dikabarkan David Copperfield yang pernah mempertunjukkan sulap dia bisa terbang, langsung muncul desas-desus bahwa dia menggunakan bantuan makhluk halus. Akan tetapi desas-desus itu terbantahkan setelah keluar video yang menunjukkan bagaimana trik itu dilakukan. Video itu sekarang banyak tersebar di youtube.

Berdasarkan informasi yang tersedia di gudang informasi segala ada bernama
Wikipedia, disebutkan ada beberapa tipe aliran dan pertunjukan sulap. Di halaman Wikipedia itu tidak pisahkan antara aliran dan tipe pertunjukan sehingga di sini saia pisahkan antara keduanya untuk lebih memudahkan.

Aliran Sulap

  1. Escapology

    Escapology adalah pertunjukan sulapp yang mengkhusukan diri dengan pertunjukan sang pesulap melepaskan diri dari jeratan atau kurungan. Misalkan sang pesulap dimasukan ke dalam tabung berisi air sambil dirantai. Setelah tabung ditutup kain, sekian menit kemudian setelah suasana mulai tegang sang pesulap tahu-tahu sudah bebas. Pesulap tipe ini yang sangat terkenal adalah Harry Houdini. Salah satu pesulap the Master [lupa namanya ^_^] juga pernah mempraktekan tipe pertunjukan escapology ini. Jeratan yang ia gunakan adalah jeratan baju yang biasa dikenakan pada orang gila di Rumah Sakit Jiwa.

  2. Mentalism

    Di sini pesulap membuat kesan seolah ia bisa membaca pikiran orang, memprediksikan sesuatu, atau mengontrol pikiran orang. Saia kira kita semua sudah tahu siapa contohnya di Indonesia, yaitu si Dedy Corbuzier. Deny Darko juga bisa dikatakan seorang mentalis sama seperti Dedy Corbuzier.

  3. Bizarre Magic

    Pertunjukan sulap yang menggunakakan efek-efek mistis, fantasi atau horror dalam pertunjukannya. Limbad di acara the Master mungkin dapat dikatakan sebagai pesulap Bizare Magic karena dia menghadirkan efek mistis dalam pertunjukannya. Dia seolah hanya mau berkomunikasi dengan burung hantunya dan tidak mau berbicara dengan orang lain. Setelah berkomunikasi dengan burung hantunya ia dapat melakukan hal-hal yang mengejutkan penonton.

  4. Fakir Magic

    Fakir Magic adalah aliran yang kono berasal dari India dimana sang pesulap seolah mempunyai sebuah kekuatan supernatural. Dia bisa tahan terhadap goresan pedang atau benda tajam lain. Tiduran di atas paku dan trik aneh lainnya. Seperti yang dikatakan Dedy Corbuzier, Limbad adalah salah seorang pesulap Fakir Magic. Dia bisa tidak luka mendaki tangga dari pedang dan bahkan dilindas semacam buldoser tanpa luka. Pesulap ini tidak akan pernah membeberkan rahasianya. Dia memang sengaja meninggalkan kesan misterius di depan penonton dan membuat penonton bertanya-tanya bagaiman hal itu bisa dilakukan.

  5. Mathemagic

    Pertunjukan sulap yang mengkombinasikan sulap dengan matematika. Joe Sandy yang pernah membuat kotak berisi angka yang jumlahnya secara vertical horizontal sama, atau Deny Darko yang menghitung jumlah angka yang disebut penonton bisa dikatakan memeprtunjukan sulap jenis ini.

  6. Online Magic Trick

    Sulap modern dimana pesulapnya adalah program computer. Biasanya trik yang digunakan hanyalah ilusi mata saja. Contohnya adalah ini.

Tipe Pertunjukan Sulap

  1. Stage Illusion

    Di sini pesulap tampil di depan penonton dalam jumlah banyak dan dilakukan di dalam ruangan atau panggung yang sangat besar. Tipe sulap ini biasanya menggunakan property-properti besar, hewan-hewan yang tidak biasa seperti harimau atau gajah serta menggunakan bantuan asisten dan model. Pesulap tipe ini yang sangat terkenal adalah David Copperfield

  2. Platform Magic [biasa juga disebut Cabaret Magic atau Stand-up Magic]

    Berbeda dengan yang pertama, platform magic adalah sebuah pertunjukan sulap yang biasanya diadakan di hadapan penonton yang jumlahnya tidak terlalu besar seperti di club atau café. Properti yang digunakan cukup simple seperti koin, kartu, tali, atau kain. Kalaupun menggunakan binatang biasanya pesulap menggunkan binatang kecil semacam merpati atau kelinci

  3. Micro Magic [biasa juga disebut Close up Magic atau Table Magic]

    Di pertunjukan sulap ini jarak antara pesulap dan penonton sangat dekat. Seringnya justru malah penonton diajak turut serta memainkan sulap berhadapan dengan sang pesulap di sebuah meja. Propertiyang digunakan sangat sederhana seperti kartu atau koin. Dedy Corbuzier menampilkan tipe pertunjukan seperti ini dengan mengajak VJ Marissa di acara final the Master sesi 2 kemarin. Pesulap Indonesia yang juga sering menggunakan model ini adalah Damian. Hanya saja Damian lebih sering mempertunjukan Street Magic [tipe ini ada di urutan selanjutnya, harap sabar ^_^]

  4. Theatrical Seanches

    Tipe pertunjukan ini sangat kental suasana mistisnya. Di sini seolah-seolah pesulap berhubungan dengan arwah orang yang sudah meninggal dan setelah itu sang pesulap menjadi bisa melakukan sesuatu yang luar biasa.

  5. Children Magic

    Pertunjukan sulap yang ditujukan untuk anak-anak sebagai penontonnya.

  6. Street Magic

    Sulap yang dilakukan tidak di atas panggung dan menggunakan orang yang ditemui sang pesulap sebagai sukarelawan secara acak dalam pertunjukannya. Tempat sulap ini misalnya di jalan atau taman atau tempat-tempat lain. Istilah Street Magic dipolerkan oleh David Blaine lewat acaranya yang ber-tajuk Street Magic itu. Di Indonesia juga ada pesulap Street Magic yaitu Damian. Street Magic murni digunakan untuk konsumsi TV dengan target menangkap kekaguman para sukraelawan yang diajak secara tiba-tiba itu

  7. Corporate Magic

    Pertunjukan sulap yang dipesan untuk mengiklankan sesuatu. Lagi-lahi Dedy Corvuzier adalah contohnya. Di pertunjukan sulapnya di acara the Master dia selalu sambil mengiklankan produk oli sponsor acara itu.

Kesimpulan

Sekalipun ada beberapa aliran sulap dan mungkin masih belum tertampil di atas akan tetapi para pesulap terkadang tidak terlalu saklek pada aliran yang dia ikuti. Memang Dedy Corbuzier tampak mengkhusukan diri sebagai mentalist meskipun pada awal kemunculannya dia juga menunjukan kesan seolah dia juga penganut Bizare Magic dengan kemampuan membengkokkan sendok hanya dengan di tatap. Limbad yang juga tampak mengkhusukan diri di Fakir Magic juga di pertunjukan Final The Master 2 berubah menjadi escapologist saat beraksi membebaskan diri dari rantai.

Pertanyaan yang belum saia temukan jawabannya apakah hipnotis seperti yang dilakukan Romy Rafael juga termasuk sulap? Karena seperti yang kita lihat hipnotis yang dia lakukan kadang seolah Cuma acting saja dan cenderung itu-itu saja.

Iklan

41 responses to “Aliran dan Pertunjukan Sulap [Magic]

  1. gurindang April 19, 2009 pukul 10:51 am

    Kalo yng bia pindah2 tempat tuh namanya apa? Houdini juga terkenal disitu. Apa masuk escapology ya..?

    trus yng motong orang, kyk duh-siapa-ya-namanya-tapi ada-Angelnya-gitu Chris Agel po yo? yng keren itu nah,,itu apa namanya. Aq liat video-nya yng motong penonton jadi dua, di alam terbuka, dan itu kakinya bisa gerak, badan atasnya juga bisa gerak…

    ada-ada aja

  2. Yasir Alkaf April 19, 2009 pukul 12:04 pm

    according to wikipedia, yg disebebutkan madam Gur itu ga termasuk ke aliran tertentu tapi hanya efek2 yg biasa ditampilkan dalam pertunjukan sulap.

    Efek yg ditampilkan para pesulap
    * Production -> memunculkan sesuatu [kartu,kelinci etc]
    * Vanishing -> menghilangkan sesuatu
    * Transformation -> merubah sesuatu
    * Restoration -> merusak kemudian menegmbalikan lagi [memotong orang juga bisa termasuk kek-nya :p ]
    * Teleportation -> berpindah tempat
    * Escapology -> meloloskan diri
    * Levitation -> melawan gravitasi [terbang etc]
    * Penetration -> menembus atau menembuskan sesuatu
    * Prediction -> memprediksikan sesuatu

  3. benz April 19, 2009 pukul 12:21 pm

    bah dari politik lari ke sulap dia. gimana kalo tema tulisan berikutnya adalah “Politik Sulap” atau “Sulap Politik” ? hahahahah… :p

    madam gur gur, ntu namanya si Criss Angel. kebetulan video aksi dia yg madam gur sebutkan itu, wanita dibelah jadi dua, aku ada liat video ‘revealed’ nya di Youtube. ternyata eh ternyata itu wanita emang kru, (maksudnya bukan ‘spectator’ gitu, bukan orang ‘awam’) dan dia memang ‘handycap’ alias cacat, memang badannya cuma setengah, dan dari bagian pinggang ke bawah itu bagian tubuh palsu + mesinnya jadi bisa gerak-gerak, begitu. 😉

  4. Yasir Alkaf April 19, 2009 pukul 10:01 pm

    apa mau dikata Ben, blogger dan browsinger [orang yg cuma browsing2 aj, istilahnya apaa ya? ini apa bukan ] sudah jemu dg politik2an. Di stasistik kunjungan blog ini tulisan2 ttg politik sdh mulai anjlok, query search ttg politik & pemilu yg nyasar ke blog ini jga sudah berkurang. Jadi cari tema lain yg kira2 sedang in, hehehe

  5. gurindang April 20, 2009 pukul 9:34 am

    oh..gitu…
    tingkiuh ya benz..
    ckckckck…

  6. bay-kun April 20, 2009 pukul 9:55 am

    [00T]
    saya lebih menyukai dengan julukan blog walker dari pada browsinger…
    kira-kira lebih memaksa browsinger atau blog walker yak…
    heee….

  7. Yep April 23, 2009 pukul 4:28 pm

    Si Limbad mukanya menakutkan ya ? Tapi emang hebat dia 🙂

  8. bangkong April 27, 2009 pukul 11:23 am

    btw : masukin keyword di wikipedianya apa ya,……?

  9. tommy April 27, 2009 pukul 12:46 pm

    mas minta link video nya David Copperfield,……..

  10. pams April 30, 2009 pukul 3:51 pm

    aku punya kenalan di jogja, dia seorang dokter dan dosen di FK UII jogja, namanya dr. Wahyu….dia seorang pesulap profesional juga, sulapnya dipakai untuk menghibur pasien2nya.dr.wahyu katanya belajar sulap sejak SMA dan sering mengisi acara stage magic, close up maupun parlour magic. dr.wahyu juga mendirikan sekolah sulap di jogja (illusio magic school) dan di klaten (omerta magic school).sudah banyak murid2 sulap yang dihasilkan…saya salah satunya.aneh juga yah, seorang dokter pesulap

  11. Yasir Alkaf April 30, 2009 pukul 9:53 pm

    widih pas banget tuh, saia anak UII juga. Tapi saia anak informatika bukan kedokteran. Ada ya Dokter Pesulap di UII. Salut kalo begitu, mengingat kerjaan dokter yg luar biasa sibuk

  12. Muhammad Thowil Afif Mei 2, 2009 pukul 2:30 pm

    ha-ha mentalism is the best
    limbad harus menang

  13. devi Mei 5, 2009 pukul 9:04 am

    ah pengen bljr sulap juga akhirnya!

  14. andi Mei 23, 2009 pukul 8:02 pm

    boleh donk kirim-kirim pelajaran tentang magic dan hipnotis ke andi_hdyt@yahoo.com

  15. Saptono Juni 2, 2009 pukul 6:10 pm

    Keren2 si tapi bisa ga Mas ajarim maen sulap dngan kartu yang kaya romedal tu yang ikut the master ya mas please,kirimin ke sini{khonohakuresaptono@yahoo.Co.Id}tank

  16. roni chen Juli 19, 2009 pukul 12:37 am

    bisa diajarin trik sulap ga????????????

  17. agung baptiso Juli 19, 2009 pukul 10:18 am

    aku sih ingin jadi pesulap kaya dedy cobuzier

  18. ibnusyahreza Juli 27, 2009 pukul 7:33 pm

    teman-teman ak punya trik sulap nihhh….banyak low triknya di tunggu ya….jangan lupa comments

  19. KEVIN ANDREAN Juli 28, 2009 pukul 6:54 am

    Kalau mau belajar sulap cari aja di google banyak banget
    tulis aja .
    Card Magic Revealed

  20. KEVIN ANDREAN Juli 28, 2009 pukul 7:08 am

    Kalau mau belajar sulap cari aja di google banyak banget
    tulis aja .
    Card Magic Revealed
    Coin Magic Revealed
    Magic Revealed
    Trick Magic Revealed
    Pokoknya yang ada Revealednya lah

  21. ibnusyahreza Agustus 20, 2009 pukul 10:50 am

    kalo saya penganut illusionist dan mentalism.

  22. qinar Agustus 30, 2009 pukul 12:11 pm

    bila anda bertanya apakah hipnotys termasuk sulap…???? saya rasa iya betul bgt hipnotis termasuk jg dlm aliran sulap

  23. Arvin September 5, 2009 pukul 8:53 pm

    apakah ada aliran cardician ?

  24. master September 6, 2009 pukul 10:13 am

    klo mau yg heboh liat demian yg bisa tembus meja,ok tuh

  25. asyam shobir muyassar September 6, 2009 pukul 3:30 pm

    wah bagus juga sulap nya!, aku sih pengen jadi pesulap kaya demian atau uya kuya

  26. imam September 23, 2009 pukul 6:24 pm

    kalo joe sandy itu ikutnya aliran apa? mathemagic apa mentalis?
    salah satu pesulap escapology the master namanya kayaknya “EDO SHADOW”

  27. dhyar Oktober 13, 2009 pukul 9:11 pm

    edede….. sulap ji lagi. Gampang

  28. Pingback: Aliran – aliran sulap « All About "MAGIC"

  29. Pingback: Tipe Pertunjukan Sulap « All About "MAGIC"

  30. mistermagic77 Desember 8, 2009 pukul 10:49 pm

    kalo molihat video tricks magic silahkan kunjungi http://www.streetmagictricks.co.cc hhheeheee… suwuuun…

  31. josua sandy Desember 9, 2009 pukul 4:48 pm

    oh………itu doang ya nana2 na joe ko cuma ada 1 nama aja
    gX nyambung ya he…he……..

  32. วรยุทธ เสียงสนั่น Desember 13, 2009 pukul 10:25 pm

    Hey, you have a great blog here!
    I’m definitely going to bookmark you!
    Thank you for your info.And this is
    **agel** site/blog.
    It pretty much covers ###agel## related stuff.

  33. Nattavee Sinsakolphat Desember 17, 2009 pukul 12:57 am

    Very interesting indeed!!
    **agel** site/blog.

  34. muhammad Februari 9, 2010 pukul 6:01 am

    aku mau tanya nie…
    bagai mana dengan tenaga dalam??
    kalau di liat unsur2 nya mirip dengan limbat yaitu berjalan di atas paku, makan api dll…
    pertanyaan aku apakah itu temasuk magic atau sulap??

  35. Kang ugis Februari 18, 2010 pukul 3:42 am

    Aq bnyk macam alat sulap hoby aja… Gara2 penasaran ..

  36. mowoprabowo Juli 3, 2010 pukul 10:29 am

    Alamat dan tilponnya mana ???

  37. samsuri September 7, 2010 pukul 1:33 am

    suka ja liat ilusionis……

  38. zizal pratama November 24, 2010 pukul 9:14 pm

    lw di lihat dri ke hebatan nya ..kedua cocok jadi the master…tu sih menurut aq…

  39. sulap kartu Februari 18, 2011 pukul 4:01 pm

    klo limbad itu fakir magic aliranya, yg asal mulanya dari india. misal: tidur di ranjang penuh paku dll. jadi pake tenaga dalam betulan…
    tp klo sulap cuman pake trik saja…

  40. mwafiqation Februari 26, 2012 pukul 9:33 pm

    Reblogged this on redzmwafiqz and commented:
    boleh reblog ga?

  41. Barron Mastersulap September 6, 2012 pukul 2:08 am

    yahh bisa juga kunjungi http://www.tokomario.com recommended distributor alat sulap, mainan dan gadeget keren murah dan berkwalitas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: