Yasir Alkaf

Movie – Football – Book – Daily Life

Prediksi Hasil Pemilu Legislatif 2009

Wah tak terasa Pemilu tinggal beberapa hari lagi. Izinkan saia sebagai bukan siapa-siapa memprediksikan 10 besar hasil Pemilu Legislatif 2009. Tidak ada kriteria tertentu yang saya gunakan dalam memprediksi. Murni hanya berdasarkan pengamatan pribadi dengan mempretimbangkan hasil Pemilu 2004. Nah berdasarkan penerawangan saia itu maka saia memprediksikan 10 besar itu adalah:

  1. Partai Golkar [Golongan Karya]

    Sebagai salah satu Ruling Party “keberhasilan” pemerintahanan SBY-JK, paling tidak Golkar masih bisa mempertahankan posisinya sebagai “pemenang” Pemilu. Agak sulit sebenarnya memprediksikan siapa juaranya apakah Golkar atau PDIP tapi fakta bahwa ketika Megawati menjadi Presiden keadaan tidak bertambah baik membuat peluang PDIP mengecil. Sementara itu ketika SBY-JK dalam memerintah banyak “keberhasilan” yang dicapai diantara “penurunan BBM” dan “swasembada beras” dan “banyak keberhasilan lainnya”. Belum lagi ditambah “massa tradisional” Golkar yang tak kalah banyak. Massa tradisional Golkar ini cukup unik karena akibat hegemoni Golkar selama 32 tahun lebih membuat banyak orang yang secara tidak sadar masih saja memilih Golkar sebagai parpol pilihannya meskipun sekarang sudah tidak ada paksaan untuk memilih Golkar. Itu yang membuat saia kira Golkar masih bisa unggul meskipun mungkin perolehannya akan turun dari perolehan Pemilu 2004 kemarin.

  2. PDIP [Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan]

    PDIP masih berpeluang merangsek ke papan atas pemenang pemilu. Jargon sebagai partai wong cilik ditambah diketuai oleh putri mantan Proklamator RI Bung Karno membuat peluang PDIP selalu besar. PDIP mempunyai massa tradisonal fanatik yang sangat besar. Kekurangan yang membuat PDIP mungkin kalah dari Golkar adalah seperti sudah saia sebutkan di atas, ketika Megawati memerintah keadaan tidak bertambah baik. Bahkan beliau ternyata lebih banyak diam saja menghadapi permasalahan dan lebih banyak membaca teks ketika berpidato. Usaha beliau mengkritik pemerintah saat ini malah balik membuat beliau dikritik juga oleh orang lain.

  3. Partai Demokrat

    Yah, sebagai partai presiden incumbent saia sangat yakin kalau partai ini juga menyodok ke papan atas. Pada pemilu 2004 partai ini menduduki peringkat 4 dan pemilu kali ini saia berani mempredikisikan akan naik satu strip ke posisi 3. Tidak perlu banyak ulasan sepertinya. Popularitas SBY, “Keberhasilan Pemerintah”, Iklan yang gencar dimana-mana saia kira akan bisa mengangkat posisi partai ini.

  4. PKS [Partai Keadilan Sejahtera]

    Si Partai Kita Semua ini memang calon underdog yang sangat potensial. Terbukti banyak sekali capres yang mendekati tokoh-tokoh partai ini. Memang partai ini masih eksklusif dengan syariat islamnya tapi tampaknya sudah mulai terbuka. Iklan di TV mereka sangat bagus menurut saia karena sangat anak muda. Iklannya tidak kaku seperti partai lain. Image bersih dari partai ini membuat banyak orang simpati. PKS juga terkenal memiliki kader yang sangat fanatik yang kebanyakan adalah anak muda yang juga aktif mencari kader. Kombinasi image bersih, simpati banyak orang dan kader fanatik membuat saia memprediksikan PKS menempati posisi nomor 4.

  5. PPP [Partai Persatuan Pembangunan]

    PPP sebagai partai Islam senior membuat peluangnya tidak bisa diremehkan. Dukungan kyai yang otomatis juga dukungan dari santrinya membuat PPP bisa bertahan di lima besar. Pemilu 2004 PPP berada di posisi nomor 3, tapi pemilu besok saia kira perolehan suara PPP akan turun. Suara massa Islam sudah semakin terpecah belah dan ada kemungkinan teralih ke PKS. Apalagi partai ini tidak mempunyai tokoh kharismatik. Pemilih muslim yang murni memilih partai ini kemungkinan adalah pemilih yang sudah berumur saja.

  6. PAN [Partai Amanat Nasional]

    Partainya orang Muhammadiyah katanya. Sayang suara partai ini kemungkinan akan terbagi ke PMB [Partai Matahari Bangsa], sempalan PAN. Hanya saja pengurangan itu mungkin tidak akan terlalu signifikan sehingga saia memprediksikan PAN berada di posisi 6 sama dengan pemilu 2004 kemarin.

  7. Gerindra [Gerakan Indonesia Raya]

    Gerindra memang partai baru, namun banyak pengamat yang memprediksikan Gerindra bakal turut merangsek ke 10 besar. Saia pribadi sebagai pengamat amatir memprediksikan Gerindra mendapat posisi 7. Gerindra mempunyai bekal tokoh kharismatik, Prabowo. Ditambah dukungan dari Gus Dur dan massanya. Sangat mungkin Gerindra bisa menempati ke posisi ini. Keunggulan Gerindra adalah iklannya yang sangat bagus. Iklan politiknya banyak yang bilang secara komunikasi politik cukup bagus dibanding yang lain. Platform yang mereka usung ditawarkan dengan jelas di iklan dengan tanpa menggurui. Nilai plus bagi Gerindra

  8. PKB [Partai Kebangkitan Bangsa]

    PKB, Partai yang penuh konflik. Konflik yang mendera partai ini membuat saia memprediksikan turun dari posisi 5 ke posisi 8. Boleh dibilang partai ini hanya mengandalkan suara dari massa NU dan pengikut Gus Dur. Padahal pada pemilu ini Gus Dur sudah lepas dari PKB dan beberapa mantan petinggi PKB membentuk partai baru bernama PKNU. Bisa berada di lima besar saja saia kira PKB harus sudah bersyukur 😀

  9. PDS [Partai Damai Sejahtera]

    Sebagai Partai Kristen yang bisa membuat fraksi sendiri saia kira itu adalah prestasi yang sangat bagus dari PDS. Apalagi sampai saat ini belum ada saingan yang bisa menandingi PDS. Apabila mampu menjaring massa Kristen posisi 9 atau naik satu strip dari Pemilu sebelumnya ini saia kira bisa di raih.

  10. PBB [Partai Bulan Bintang]atau PBR [Partai Bintang Reformasi]

    Posisi terakhir di 10 besar saia kira akan dihuni antara dua partai itu cuma partai yang mana saia tidak tahu.

33 responses to “Prediksi Hasil Pemilu Legislatif 2009

  1. bay-kun Maret 24, 2009 pukul 6:12 am

    saya memilih untuk berlibur saja…
    karena Loooonnggggg weekend…

  2. gurindang Maret 24, 2009 pukul 6:52 am

    1. bolehlah…
    2. hate it…!!!!!!!
    3. bolehlah…
    4. bolehlah…
    5-10. terserahlah…

  3. Yasir Alkaf Maret 24, 2009 pukul 8:33 am

    jaman bu mega 2000 skrg 4500
    hahahaha

  4. bay-kun Maret 24, 2009 pukul 4:46 pm

    “dipertegas”
    jaman bu mega 2000
    jaman bu mega 2000
    jaman bu mega 2000

  5. Yasir Alkaf Maret 24, 2009 pukul 6:22 pm

    saia membayangkan tiba2 bung Karno hidup lagi dan berteriak: “Hayah kalian ini, gitu aja pamer.Pas jaman saia bensin cuma Rp 0,5. Hayo murahan siapa?”

    gyahahaha

  6. gurindang Maret 24, 2009 pukul 8:16 pm

    pheww…!!!

    *still hate her so much…!!!!

  7. ade Maret 29, 2009 pukul 8:33 pm

    g’ peduli dech siapa yang menang.wong kalau sistem yang dipakai masih sistem yang lama,kita g’ usah berharap terlalu banyak.mendingan pikirin aja besok mau makan apa,trus ke akhirat bekalnya udah berapa???????????????

  8. Yasir Alkaf Maret 31, 2009 pukul 4:26 pm

    sistemnya baru koq. Kalo dulu di coblos, sekarang dicontreng
    hehehe

  9. fais irsyad abrar April 1, 2009 pukul 8:22 am

    anak tentara menghadapi pemilu harus ikut bapak mentalnya, maju perut pantat mundur, ingat pake strategi strong hold crusader… bertahan dan menang…

  10. fais irsyad abrar April 1, 2009 pukul 8:23 am

    apapun presidennya minumannya tetep teh botol sosro…

  11. fais irsyad abrar April 1, 2009 pukul 8:25 am

    bisa makan singkong rebus aja dah enak..

  12. aksicinta April 2, 2009 pukul 12:53 am

    mudik aja kali lebih enak.. 🙂

    PKS nya udah bener mas? kayaknya waktu itu aku liat di FB singkatannya Partai Keadilan Sosial… :mrgreen:

  13. m1qbal April 2, 2009 pukul 3:19 am

    wuihhh…….. 1-5 sama dengan prediksi saya…
    gud job bro…

    🙂

  14. Yasir Alkaf April 2, 2009 pukul 2:10 pm

    : aksi cinta
    iya waktu itu kelewatan. Gara2 kebiasaan “dicekoki” Pancasila jadinya abis Keadilan langsung diikuti Sosial
    hahaha

    : miqbal
    mana? aku cari di multiply-mu koq ga ketemu

  15. Pingback: Antara Prediksi dengan Hasil Lembaga Survey « Yasir Alkaff

  16. lutpay April 4, 2009 pukul 10:21 am

    gue blm boleh milih alias <17, tapi seenggaknya udh ngerti lah, dan mungkin lebih ngerti drpd yang udh punya hak memilih

    hmmm overall, kalo menurut gue, yang bakal masuk 5 besar nih

    1. Partai Golkar (tetep no. 1 kayaknya walaupun presentasinya menurun)

    2. PDIP (masih ngandelin pemilih tradisional, iklannya aja disawah mulu, capek deeeh)

    3. Partai Demokrat (masih mengusung popularitasnya SBY, kayaknya figur SBY sampe saat ini belum ada yang layak ngegantiin, SBY itu Talk Less Do More, nggak kayak yang cuman bisa ngekritik tapi ga ada solusi)

    4. Partai Keadilan Sejahtera (emang mantep banget nih partai, bersih bersih kayaknya orangnya, islamnya kental banget, tapi Indonesia kan bukan negara Islam, jadi ya pasti ada yang ga setuju)

    5. Partai Gerindra (nih partai kayaknya bakal jadi underdog di pemilu ini, sering bgt sponsorin berbagai macam event event besar anak SMA, jadi targetnya emang kayak pemilih pemula, jumlahnya ga main2 lho 30 juta orang….. ati2 partai lain hehehe)

    oh ya buat PDIP terutama bu Mega, ga jaman deh kalo cuma ngekritik doang, mulut lo gedenya sm aja kayak bdn lo, emangnya rakyat Indonesia kerjaannya cuma mau beli sembako dari ibu yang katanya murah? emang Ibu2 di Indonesia kerjaannya cuma mau bikin sambel terasi yang harganya murah tapi korupsi tetep merajalela, aset negara dijualin, plis dong kakak2 skalian, berpikirnya yang rasionalis kalo mau milih, lagian sembako palingan cuma turun 500 perak alias gopek, tar dinaikkin lagi, percaya deh… lagian dalam Al-Qur’an dosa lho kalo kita milih pemimpin wanita selama masih ada pemimpin laki-laki yang lebih baik

  17. Yasir Alkaf April 4, 2009 pukul 9:29 pm

    – Lutpay:
    wah prediksi 1 -4 sama ya, cuma beda di nomor 5. hehehe
    tentang PDIP dan bu Mega, ya emang bnyk bgt yg ngiritik beliau bahwa beliau cuma omdo. Mau gmn lagi, rakyat sdh bnyk melihat gn kerja beliau slama jadi presiden jadi ketika beliu ngritik yg ada malah diketaain orang. Apalgi ttg BLT ternyata dia plin-plan juga. hahaha

    ttg pemimpin perempuan saia pribadi sih tdk ada masalah. asal dia kompeten mau laki atau perempuan sama saja. jadi jgn sampai ita terperosok bias gender

  18. lutpay April 5, 2009 pukul 10:46 am

    – Yasir Alkaf
    haha, emang bnr tuh bu mega, waktu itu ngelarang pemerintah ngasih BLT ke rakyat miskin, kata dia rakyat nanti jadi punya jiwa pengemis, ternyata oh ternyata sekarang di iklan partai dia malah nyorot pembagian BLT, apa deh maksudnya bu meg…. dasar emak2, hari ini ngelarang bsk iya bsk nglarang lagi… ke laut aja dah mending

    masalah gender, “pemimpin perempuan” yang saya maksud kan emang tidak berkompeten, berpendidikan pun tidak, konon katanya dia “beli” gelar malah….

  19. Yasir Alkaf April 5, 2009 pukul 3:27 pm

    mungkin ini gara2 kebiasaan beliau yg biasanya berpidato pake teks, nah skrg mencoba utk tanpa teks. Lihat saja, beliau begitu ber-api2 ketika berorasi saat kampanye tapi sayangnya ngelantur ke mana2

    untungnya rakyat Indonesia sudah semakin cerdas. Mereka bisa melihat sndiri bagaimana prestasi Mega sendiri dg apa yg dikatakan Mega dalam orasi-nya.

    btw grup Say no to Mega di fesbuk makin ramai saja ni:
    http://nasional.kompas.com/read/xml/2009/04/05/12182277/Anti-Mega.di.Facebook.Sulit.Dijerat.UU.Pemilu

  20. sby April 8, 2009 pukul 1:44 pm

    zaman pemerintahan megawati yang hanya menjabat 3 tahun saja sudah habis aset negara, apalagi kalo 5 tahun bisa2 jakarta dijual juga….. he222….. zaman megawti togel dmn2…. kemaksiatan merajalela…..

  21. jufri April 8, 2009 pukul 9:09 pm

    my prediction who will be top five :
    1. Demokrat(i’m sure)
    2. Golkar(Absolutely)
    3. Gerindra(May be)
    4. PDIP(IMPOSSIBLE)
    5. PKS(I LOVE IT)

    MAJU-MAJU PKS, PKS YES, OKS, BERSIH, PEDULI, PROFESIONAL

  22. berastagi punya suara April 9, 2009 pukul 2:37 am

    PEMENANG PEMILU 2009 TAK LAIN DAN TAK BUKAN ADALAH :
    ……G….O….L….P….U….T…… ,
    HIDUP GOLPUT !!!!!!

  23. BOYS DOLL April 9, 2009 pukul 9:33 am

    JANGAN OMDONG…… TAPI ACCTION DONGG…. PEMERINTAH SEKARANG MAH… PAMER UANG… GA NGERTIIN TUH YANG KELAPERAN… MAKAN MASI AKING TIAP HARI….. MENDING G……O…….P……U…..T AJAHH…….

  24. lutpay April 9, 2009 pukul 8:49 pm

    kalo lu golput ga ada yang mimpin mau makan apaan lu?

  25. VHARYANTO April 9, 2009 pukul 9:01 pm

    SEBAGAI SEORANG MAHASISWA KAMI BISA MENGAHARAPKAN BAGAIMANA PEMERINTAH BISA MEMBERIKAN SUBSIDI PENDIDIKAN YANG MERINGANKAN BEBAN MAHASISWA UNTUK BISA TERUS MELANJUTKAN KULIAH……

  26. partai 69 April 10, 2009 pukul 1:37 pm

    kyknya gak tlalu byk berbeda…mungkin pemerintahan SBY saya kira lbh baik drpd pemerintahan2 sblmnya…buktinya anggaran pendidikan bs naek jd 20%…

  27. Pingback: Kenapa PDIP Bisa Kalah? « Yasir Alkaff

  28. rakyat biasa April 12, 2009 pukul 12:49 pm

    so pasti ini kemenangan INDONESIA…………..
    saya kira klo pemimpin dan para petinggi dan pemimpin disemua lini REpublik ini sepakat dan paham Bank Tabungan Alam Semesta Pasti Indonesia sejahtera barokah

  29. mujahidallah April 12, 2009 pukul 8:18 pm

    Siapin Bangsal, yang Stress mulai berdatangan..

    Selamat tinggal Ibu Mega..walaupun Ibu mencalonkan diri lagi tapi sepertinya masyarakat sudah bosan. Mega hilang, delapan terbilang. Siapkan saja pengganti Ibu, Masyarakat Indonesia ini masih seneng liat figur dan gak mau ambil pusing, apalagi pusing2 liat trackrekord-nya. Megawati Pensiun, apakah PDI-P juga akan berakhir??

    SELAMATKAN INDONEISA DARI PRESIDEN YANG SUKA JUAL ASET NEGARA.

    Buat yang punya blog, smangat yah..harapan untuk Indonesia ini selalu ada. Karena masih ada aku, kamu dan kalian yang Cinta Negeri Ini.

  30. awalludin April 12, 2009 pukul 9:57 pm

    sepertinya kita tdk pernah dewasa dan menyatakan partai kita paling baik, cb kita merenung tentang SBY dan PKS.
    SBY kita tahu hanya bermain dikata2 tapi kenyataannya tidak ada, pengganguran banyak, sembako mahal, dan biaya hidup jadi mahal, KPR rumah saja yang berukuran tipe 36 sdh 150 juta belum termasuk bunga dll. sedang UMR buruh hanya Rp. 1000.000/bln
    PKS, partai yang katanya bersih, kadernya tdk mengakui ikut pertemuan padahal anggito abimayu mengakui adanya pertemuan tersebut, jadi kader tersebut BOHONG dan PKS tidak berreaksi ketika BBM naik
    artinya SBY dan PKS …… Pembohong Besar

  31. Nimank buol April 14, 2009 pukul 3:34 pm

    Mega kerjax tidak becus, buat apa percaya sama orang yang begitu suka janji, tidak perna terpenuhi walaupun cuma satu, terus menurut saya subsidi BBM dicabut tahun 2005 sudah tepat ( gile 100 triliun padahal APBN cuma 300 triliun ) lebih baik subsidi itu untuk pendidikan dan infrasruktur indonesia. Sehingga perekonomian kita lebih membaik, 2004-2009 pemulian ekonomi, maka 2009-2014 memajukan ekonomi dengan cara naikkan ekspor terutama untuk hasil ukm dan bukan bahan mentah alam.

  32. lutpay April 17, 2009 pukul 2:19 pm

    woyyyyyyy, kalo sby hanya bermain di kata-kata doang, kemana aja negara 5 taun belakangan ini? sadar woi lu hidup dimana
    pengganguran banyak = ini bukan sepenuhnya kesalahan pemerintah, kalo menurut saya rakyatnya aja yang ga kreatif dan ga mau berjuang
    sembako mahal, biaya hidup mahal = wah ini sih relatif ya, bagi orang kaya sih biasa2 aja, jadi tergantung orangnya, lagian mahalnya juga reasonable, kalo dimurahin terus-terusan pedagang mau makan apa? mana bisa balik modal, ujung-ujungnya seperti yang anda bilang NGANGGUR
    KPR rumah saja yang berukuran tipe 36 sdh 150 juta belum termasuk bunga dll. sedang UMR buruh hanya Rp. 1.000.000/bln = ini sih juga relatif yaaa.. tergantung kondisi ekonominya juga, anda ga bisa berpatok kepada gaji buruh, karena ga semua buruh mau beli rumah ini..

    pemerintah tuh pasti engga asal bertindak, semua tindakannya udah dipikir matang-matang, karena ini menyangkut rakyat banyak, dan menurut saya sejauh ini tindakan pak SBY itu udah bener-bener cemerlang dan “tepat sasaran”

  33. fadhli April 21, 2009 pukul 4:17 pm

    woi ibu mega jangan mentang mentang anaknya bp ir soekarno lo bisa mengkritik orang.
    gua lebih milih SBY dari pada si mega karena gua suka dengan kebijaksanaan bapak presiden SBY
    dari pada megawati yang sudah menyalahkan bapak SBY yang katanya jangan membagikan BLT sewena-wenanya bilang aja lo mau memancing kemarahan bapak SBY heh cuih.

    dasar udah tua masih aja belagu lo mega apalagi mudanya orang miskin pasti lo tendang-tendangin.

    woi!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    masyarakat indonesia pilih presiden jangan cuma liat di iklannya doang dong pilih presiden yang
    udah memajukan indonesia dan yang bikin indonesia berswambada beras pilih presiden SBY lagi agar indonesia lebih maju dan agar indonesia menjadi negara internasional amin.

    saran gua
    pilih presiden yang jujur seperti SBY, jangan pilih presiden yang bisanya cuma omdo alias cumang ngomong doank mendingan sumpelin aja tuh mulut yang udah mengkritik bapak SBY kaya lo megawati
    sumpelin mulut lo tuh kalo ngak cepet cepet tobat BU!!!!!!! agar diampunin dosa IBU dosaloh bu mengkritik orang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: