Yasir Alkaf

Movie – Football – Book – Daily Life

Selamat Ulang Tahun Bunda

Besok tanggal 22 September 2008 bertepatan dengan hari Ibu kebetulan Ibu saia juga berulang tahun. Saia dan ibu saya kebetulan berulang tahun di tanggal yang bermomen. Ibu saia berulang tahun pas Hari Ibu Indonesia Purwokerto, sedangkan saia berulang tahun bersamaan dengan ulang tahun Jakarta. Tak terasa oleh saia dan juga mungkin oleh beliau ternyata beliau sudah berkepala empat dan sedang berjalan menuju umur setengah abad.

Sudah 22 tahun beliau menjalani pernikahan dan 21 tahun sudah saia dan beliau bersama dalam hubungan ibu dan anak. Tiga tahun terakhir dikarenakan saia menempuh kuliah di Jogjakarta kami menjadi jarang bertemu. Kesempatan pulang kampung sebenarnya sangat sering. Toh Jogjakarta-Purwokerto dapat ditempuh empat jam perjalanan darat. Namun saia jarang sekali menggunakan kesempatan itu. Mungkin karena ego saia sebagai anak lelaki yang ingin cepat-cepat  mandiri dan ingin lepas dari ketergantungan orang tua membuat saia jarang pulang ke rumah. Terakhir kita bertemupun tidak di rumah tapi justru di Kebumen untuk berziarah ke makam kakek. Bahkan terakhir saia pulang ke Purwokertopun tujuannya bukan untuk bertemu orang tua, tetapi malah dalam rangka Pilkada Jawa Tengah. Konyol memang.

Saia masih ingat ketika masih SD, saia dan adik bersama ibu tiap bulan selalu belanja kebutuhan sehari-hari. Setelah SMP rutinitas itu mulai hilang. Masih dilakukan tapi sudah jarang. Lagi-lagi mulai timbul ego anak laki-laki yang “sungkan” berjalan bersama ibunya. Ketika SMA rutinitas itu malah benar-benar hilang. Beliau lebih sering pergi bersama adik saia yang perempuan. Kalaupun tidak bersama adik, paling saia cuma mengantar saja sampai ke Supermarket dan kemudian saia tinggal. Ketika sekarang saia sudah bisa berpikir jernih saia benar-benar menyesali semua itu. Saia ingin mengulang kenangan itu. Kenapa mesti “sungkan”, toh beliau ibu saia ini. Mau belanja dimanapun dan kapanpun pasti akan saia temani.

Ada orang yang bilang anak laki-laki lebih dekat dengan ayahnya sementara anak perempuan lebih dekat dengan ibunya. Mungkin ungkapan itu benar juga. Entah kenapa kalau pas saia pulang ke rumah dan kebetulan ayah juga di rumah saia lebih nyaman ngobrol dengan ayah. Kalo dengan ayah saia bisa berdiskusi bermacam hal, mulai dari kegiatan kampus, diskusi agama, politik juga banyak hal lainnya. Tetapi ketika dengan ibu saia agak terbatas bicaranya. Mau ngobrol politik beliau tidak suka, paling masalah kuliah beliau baru nyambung. Kami ini hanyalah keluarga kecil. Ayah ibu dengan dua anak saja. Sekarang saia kuliah di Jogja sementara Ayah bekerja di Serang, Banten. Praktis sehari-hari beliau hanya berdua dengan adik saia.

Meski Ayah berada lebih jauh daripada saia namun justru beliau yang lebih sering pulang. Padahal ayah saia juga sudah sepuh. Dipikir-pikir saia koq egois sekali ya? Coba kalau ayah jarang pulang, pasti ibu dan adik benar-benar kesepian. Di momen ulang tahun ibu saia ini, saia mendeklarasikan diri untuk berubah. Untuk sering pulang mungkin agak repot, tapi paling tidak saia akan rutin menelepon atau sms beliau. Dan ketika saia pulang kalau saia diajak untuk menemani Ibu kemanpun Insya Allah akan saia turuti. Saia akan menjadikan ini sebagai bakti saia pada orang tua dan lebih khusus untuk ibu saia.

Akhirnya saia Ucapkan Selamat Ulang Tahun untuk Ibu. Saia bukan tipe orang romantic yang bisa dengan mudah menyusun puisi. Mencari kadopun saia juga kebingungan. Yang bisa saia lakukan hanyalah menulis tulisan ini. Saia dedikasikan tulisan ini untuk ibu saia. Untuk hadiah ulang tahunnya, anggap saja kepulangan saia selama kurang lebih dua minggu ke depan terhitung 27 September menjadi hadiah ulang tahun. Sekali lagi Selamat Ulang Tahun……

Iklan

7 responses to “Selamat Ulang Tahun Bunda

  1. bay-kun September 22, 2008 pukul 4:39 am

    “Besok tanggal 22 September 2008 bertepatan dengan hari Ibu kebetulan Ibu saia juga berulang tahun”
    yang kutau hari ibu tanggal 22 desember…

    “Ada orang yang bilang anak laki-laki lebih dekat dengan ayahnya sementara anak perempuan lebih dekat dengan ibunya”
    setauku malahan kebalikannya, anaklaki lebih deket sama ibunya sedangkan anak perempuan deket sama ayahnya (e.g. adiku yang cewek)

    klo diriku mah gak terlalu deket juga sama mama, tapi pastinya sayang banget sama mama (e.g. PuMA), mungkin karena tanggal ulang tahunku sama mama idem kali yak..//entahlah..

  2. Yasir Alkaf September 22, 2008 pukul 2:16 pm

    owh salah ya? segera di edit

    Dulu memang kami (saia & adik) memang lebih dekat ke Ibu, tapi sekarang ya itu tadi saia malah lebih dekat ke Ayah coz bisa jadi teman diskusi siyh

  3. u_r September 23, 2008 pukul 7:12 am

    “Ada orang yang bilang anak laki-laki lebih dekat dengan ayahnya sementara anak perempuan lebih dekat dengan ibunya”
    se7 ama bay-kun,,,
    aq juga gitu kok,,,
    malahan ama ibu lebih bebas ngobrolnya,,,bahkan masalah pribadi___(termasuk cinta)..

    tapi kalo ayah cenderung pada pembicaraan yang serius ( ex_kuliah, bayaran,dll)..

    hehehehe,,,
    jadi pengen cepet pulang,,,

  4. Yasir Alkaf September 23, 2008 pukul 3:53 pm

    Hehehe…
    Kalo ayah saia, serius bisa becanda juga bisa. Makanya skrg saia jadi lebih dekat ma dia. Tpi biar suka becanda si ayahku itu ttp disegani sama tetangga2, ntah gimana tuh tipsnya.

    Tapi saia ada juga yg sama ma atas saia, klo ngbrol ke ibu biasanya mslh pribadi, kecuali ngobrolin cewek, ga biasa malah sungkan.

    jadi pengin balik juga niy, tapi masih harus nunggu tgl 27 okt,
    lamanya…

  5. bay-kun September 23, 2008 pukul 9:21 pm

    emang klo discuss lebih sip sama bapak..klo sama mama emang enakan ngobrolin kayak yang dibilang u_R..
    n seorang ayah memang sering menjadi role model bagi anaklelakinya..apalagi klo anak pertama..

  6. muhjamil Desember 30, 2008 pukul 3:13 pm

    Salam Hormat, Salam Senyum Kanggo Sedulur Kabeh
    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Perkenalkan, Saya H.M.Jamil,SQ,MPd ingin meminta dukungan Saudara dalam pemilihan Caleg DPR RI PPP 2009 Dapil Kebumen, Banjarnegara & Purbalingga.
    Semoga bermanfaat bagi kita semua.
    Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: