Yasir Alkaf

Movie – Football – Book – Daily Life

Akhirnya Selesai Juga

Alhamdulillah, setelah hampir enam bulan berkutat mengerjakan KP (Kerja Praktek) akhirnya selesai juga. Deadline 17 Agustus 1945 2008 proyek ini dapat selesai beberapa hari sebelumnya yaitu tanggal 5 Agustus 2008. Sempat ketar-ketir apakah KP ini bisa selesai tepat pada waktunya atau tidak, ternyata Alhamdulillah bisa.

Jadi untuk KP ini saya dan sahabat saya Fahmi Setiwan mendapat tugas dari TVRI D.I Yogyakarta untuk dibuatkan Sistem Informasi Penghitungan Penyusutan Nilai Barang yang natinya dikelola oleh Bagian Keuangan Subbagian Akuntansi. KP ini sendiri praktis dimulai 1 Maret 2008 dan harusnya selesai satu bulan kemudian. Tapi ternyata kami -yang bisa dikatakan programmer pemula- tidak mampu mengerjakan secapat itu dan malah baru selesai hampir enam bulan kemudian.

Sedikit flashback, ketika pertama kali diberi tahu kami diminta membuat salah satu SI di bagian keuangan kami sempat ragu. Tahu sendiri kan bagian keuangan gitu. Pasti ada hitung-hitungan yang belum kita kenal. Dan ternyata memang seperti itu. Kami menghadapi sebuah proses perhitungan yang tidak pernah kami jumpai dengan data yang sangat banyak (secara inventaris pasti banyak sekali kan?) untuk dibuatkan programnya karena sebelumnya masih manual menggunakan Excel. .

Sebelumnya kami mencoba menwarkan diri membuat website seperti kebanyakan kawan informatika yang lain tapi kita sudah didului anak AMIKOM. Tawaran yang ada ya itu terserah sanggup atau tidak mau atau tidak. Kami pikir sebentar sambil mendengarkan penjelasan dari Kabag Keuangan TVRI akhirnya kami setujui tawaran itu. Modal nekat aja. Hitung-hitung belajar membuat SI yang bukan berbentuk web (ga lucu dong SI Keuangan berbasisasih hehhehehe lia sudah kenal dia karena dia adalah NIKITA WILLY SMA.________________________________________________________ web?). Setelah diskusi bentar kami sepakat mengerjakan dengan Visual Basic meski jujur kami tidak terlalu paham dengan program itu. Kami sanggupi tawaran itu sambil membawa data-data yang dibutuhkan.

Sebelum kami kerjakan kami konsultasikan dulu ke dosen pembimbing kita yaitu Bpk Hendrik apakah disetujui atau tidak proyek ini. Setelah disetujui baru kita coba kerjakan. Saat pertama mau mengerjakan kita dibingungkan bagaimana cara mengkoneksikan database kita yang menggunakan mysql dengan visual basic. Dapat informasi yaitu dengan menggunakan konektor ADODC. Langsung kita coba ternyata bermasalah. Tetap tidak bisa connect. Sempat pusing dengan ini. Browsing kesana kemari dapat banyak cara tetap tidak berhasil. Boleh dikatakan waktu sebulan yang diberikan TVRI habis hanya untuk mengkoneksikan database dengan form. Setelah akhirnya dapat connect (konyolnya sebenarnya mengkoneksikannya sangta simple dan benar menggunakan ADODC) baru kita mulai garap proyek ini.

Setelah itu kita juga banyak mengalami kesulitan dalam mengolah data terutama hitung-hitungannya. Jadinya proyek ini tidak dapat cepat selesai. Belum lagi kewajiban saya saat itu sebagai staff RGF LPM PROFESI yang harus melayout majalah, juga tugas Kapita Selekta Sistem Informasi membuat buku petunjuk Dokeos membuat proyek KP ini tambah keteteran. Sempat layout majalah saya tinggalkan tapi saya malah diceramahi disemprot senior RGF yang turut membantu layout majalah. Akhirnya saya minta pengertian kawan saya dan untungnya kawan saya mau mengerti sehingga tugas layout tetap bisa saya jalankan.

Dengan berbagai permasalahan tersebut akhirnya proyek ini dapat selesai juga. Ucapan terima kasih saya sampaikan pada Bpk Arwan Ahmad sebagai dosen pembimbing mengganitkan Bpk Hendrik yang kuliah S2 di LN. Juga ke berbagai forum VB di seantero dunia dan Yahoo Answer Indonesia yang secara tidak langsung juga turut membantu kita. Ucapan maaf saya ucapkan kepada Bapak Supomo selaku Kabag Keuangan dan Bapak Anang dari bagian Humas yang telah kita repotkan karena lamanya proyek ini selesai.

Masalah nilai bagi saya nomor sekian. Yang penting saya dapat pengalaman baru membuat system menggunakan Visual Basic yang tadinya tidak saya kuasai sama sekali sekarang juga tidak terlalu ahli juga siy. Hitung-hitung latihan TA siapa tahu besok dibutuhkan…

Berikut beberapa screenshot Sistem Informasi yang kami bangun: Screenshotnya besok aja abis Buka Rumah (Open House) Selasa 12 Agustus 2008

6 responses to “Akhirnya Selesai Juga

  1. tiyoK Agustus 10, 2008 pukul 9:28 am

    wekz,, mas adi udah kelar KPnya…
    bentar lagi TA nich…
    oiya, KPnya tentang SI yah…
    gimana kita joinan buat gawean situ buat SI ane nalangin Jaringannya…
    heee,,,

  2. Yasir Alkaf Agustus 10, 2008 pukul 11:47 am

    Situ kali yg tinggal TA. Aku mah masih lumayan panjang, masih ada KKN siy. Joinan? Takut ah, mas Tiyok udah master siy, aku masih blajar2
    hehehe…

  3. ata September 19, 2008 pukul 2:10 pm

    wah wah seng wes do rembok tuo…
    pak kata kamu SI perpustakaan enek pakek .exe apa PHP ya???

    lebih luesnya….

    piye jarene meh transfer ilmu VB…

    kapan nie ada waktu…

    kan ga dosa…

  4. Yasir Alkaf September 21, 2008 pukul 5:38 am

    kalo perpustakaannya berjaringan dlm artian ada banyak, macam di kampus kita memang enaknya berbasis web. Tapi kalo perpustakaanya cuma ada satu berbasis desktop-pun ga masalah.

    Wah aku yo junior+amatir cah…

  5. Pingback: Kaleidoskop Yasir Alkaf 2008 « Yasir Alkaff

  6. Pingback: Berbagi Cerita Tentang Progress Report TA « Yasir Alkaf

Tinggalkan Balasan

